Sukses

Ini Merek Mobil yang Paling Memuaskan Orang Amerika

Untuk kesekian kalinya, Toyota Motor berjaya di negeri orang. Kali ini, mereka jadi merek yang paling memuaskan konsumen AS.

Liputan6.com, California - Untuk kesekian kalinya, Toyota Motor berjaya di negeri orang. Kali ini, mereka jadi merek yang paling memuaskan konsumen Amerika Serikat (AS).

Melalui studi bernama American Customer Satisfaction Index (ACSI), dilansir Carscoops, disebutkan bahwa Toyota menempati posisi puncak dengan poin 86, dengan total maksimal 100. Posisi Toyota diikuti oleh Subaru (85 poin), GMC (84 poin), dan Hyundai (83 poin).

Satu-satunya perusahaan asal Amerika Serikat (AS) yang relatif bisa menyaingi perusahaan asing adalah General Motors (GM). Mereka menempati nilai 82. Sebagai pembanding, pabrikan AS lain, Ford, mendapat nilai 81, serta Fiat Chrysler, asal Italia, mendapat poin 77.

Meski berada di bawah pabrikan lain, namun satu hal yang patut dibanggakan dari GM adalah bahwa ia satu-satunya pabrikan yang tingkat kepuasannya naik.

ACSI Chairman, Claes Fornell, mengatakan bahwa yang bisa disimpulkan dari raihan GM ini adalah bahwa pabrikan AS mulai kembali dipercaya. Namun memang perlu usaha lebih.

"Mobil AS tidak konsisten dalam hal kualitas dan kepuasan pelanggan dibanding dengan rekan-rekan internasional mereka," terang Fornell.

Indeks juga mengukur tingkat kepuasan konsumen mobil mewah. Hasilnya, posisi teratas ditempati merek mobil mewah milik Toyota, Lexus. Ia memperoleh 86 poin. Disusul oleh Mercedes (84) dan Cadillac (83). Acura mengalami improvisasi, setelah tahun lalu memperoleh 76, di tahun ini sukses dapat 80.

Simak juga video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Survei lain

Survei sejenis sempat dilakukan beberapa lembaga lain. Majalah AS, Consumer Reports akhir tahun lalu telah melakukan survei serupa, tetapi dengan lingkup seluruh dunia.

Survei ini dilakukan untuk mencari kepuasan pelanggan terhadap mobil yang dimiliki para responden. Dari setiap pertanyaan yang diberikan, mereka dapat menjawab "Pasti Ya" akan seputar merek dan jenis kendaraan yang saat ini dimiliki.

Untuk melakukan survei ini setidaknya dilakukan pada 300 ribu responden yang memiliki kendaraan lansiran 2014-2017.

Dalam laporan ini, Tesla, pabrikan spesialis kendaraan listrik, yang menempati posisi pertama. Pabrikan yang dikomandoi Elon Musk itu memperoleh persentase 19 persen. Di posisi kedua ada Porsche, 84 persen, Audi 77 persen, Subaru 76 persen, dan Toyota 76 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.