Sukses

Galak Mana, Honda CB150R ExMotion atau CB150R StreetFire?

Liputan6.com, Bangkok - AP Honda, agen sepeda motor Honda di Thailand, memperkenalkan naked bike baru bernama CB150R ExMotion di Bangkok, Senin (4/9). Motor ini dikembangkan dari 150SS Racer Concept, motor konsep yang dirilis di Bangkok International Motor Show, Maret lalu.

Tentu ada perbedaan dari dua jenis motor ini. Misalnya, velg yang sudah mengadopsi model palang, atau sepatbor belakang yang tidak ada di versi konsepnya. Namun secara keseluruhan tema desain yang diusung sama: sporty dan mengedepankan unsur custom.

Malah kalau dibandingkan dengan motor naked bike di kelas yang sama, CB150R StreetFire, motor ini tetap lebih unggul. Setidaknya, CB150R ExMotion sudah mengadopsi suspensi upside-down, seperti Yamaha Xabre. Lekukan kaku nampak lebih banyak di sepanjang body, serta tidak pakai knalpot standar melainkan under belly.

Tapi menariknya, bentuk headlamp bulat, sama seperti versi konsepnya. Sebagai informasi bentuk bulat ini adalah ciri khas dari motor-motor modif yang dibuat retro.

President AP Honda Co., Yoichi Mizutani menyebut, kalau satu unsur utama yang sangat diperhatikan saat motor ini dikembangkan adalah desainnya. "Desainnya kami lakukan dengan hati-hati agar tampil sempurna," terang Mizutani.

Di sektor penggerak, CB150R ExMotion dilengkapi mesin yang sama dengan CB150R Streetfire, 150 cc, liquid-cooled, single-cyilnder, DOHC. Mesin sudah kompatibel dengan standar Euro6. "Mesin sudah dikembangkan untuk performa berkendara paling tinggi," tambah Mizutani.

Beberapa fitur kunci lain yang terdapat di motor ini adalah teknologi LED pada lampu, swingarm berbahan ringan, panel meter digital, rem Nissin 4 piston, dan sistem pengereman ABS (opsional).

Soal harga, CB150R ExMotion dibanderol 99.800 baht atau setara Rp 40an juta untuk varian standar. Sementara yang ABS lebih mahal Rp 3 jutaan. Ada beberapa pilihan warna yang ditawarkan, gray-black, red-black, black, serta green-black (khusus warna varian standar).

Apa motor ini akan ada di Indonesia? Sayangnya, pihak Astra Honda Motor (AHM) sudah memastikan tidak bakal memboyongnya ke sini.

Simak juga video menarik di bawah ini:

1 dari 2 halaman

Ganti warna

Awal Agustus kemarin, PT Astra Honda Motor (AHM) menawarkan pilihan warna baru untuk sepeda motor Honda CB150R StreetFire tipe Special Edition, yaitu Stallion Black. Warna baru ini disertai dengan tambahan stripe di fuel tank dan rim wheel.

Tipe yang sama, warna Raptor Black ada penambahan fuel tank stripe berwarna merah dan rim wheel hitam. Penyegaran grafis juga terjadi pada tipe STD Macho Black dan Wild Black melalui stripe yang menampilkan grafis tulisan CB150R.

Honda CB150R StreetFire dilengkapi lampu LED di semua sistem pencahayaan yang membuat bentuk rangkaian lampu motor ini terlihat lebih tajam dan kompak dengan daya tahan lama. Motor ini juga dilengkapi panel indikator digital berisi informasi lengkap seputar motor.

Naked sport bike Honda ini telah menyematkan visor dan undercowl. Selain itu, CB150R Streetfire Special Edition hadir dengan varian warna Honda Racing Red lengkap dengan rangka teralis. Pelek hitamnya dipadu dengan wheel stripe. Tampil pula Hi-grade Golden Engine color.

Honda CB150R Streetfire mengusung mesin 150 cc, DOHC 4 katup, 6 percepatan, berpendingin cair. Motor ini mampu berakselerasi dari 0-200 meter hanya dalam waktu 10,5 detik dan dapat berlari hingga 125 km/jam. Streetfire diklaim menghasilkan tingkat konsumsi bahan bakar yang efisien dengan metode ECE R40 mencapai 37,9 km/liter dengan metode pengetesan EURO 3 (EURO 2 = 40.6 km/liter).

Artikel Selanjutnya
Ribuan Orang Serbu Markas Honda Gara-Gara Monyet
Artikel Selanjutnya
Bocoran Model Baru Mobil Listrik Honda