Sukses

Yamaha XMax 250 Bikin Nagih!

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini Liputan6.com diberikan kesempatan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk menjajal Yamaha XMax 250. Secara garis besar skutik bongsor ini nyaman untuk dipakai harian ataupun jarak jauh sekalipun. Bikin nagih!

Dari segi tampilan, XMax terlihat mewah dan kekar. Kaki-kakinya nampak kokoh menopang bodinya yang bongsor. XMax memiliki dimensi panjang 2.185 mm, lebar 775 mm dan tinggi 1.465 mm. Bobot kosongnya mencapai 179 kg.

Lampu depan dan belakang XMax sudah menggunakan LED, hanya saja pada lampu sein masih pakai model halogen. Sistem pengereman depan belakang sudah cakram. Fitur anti-lock braking system (ABS) turut melengkapi sistem pengereman untuk menunjang keselamatan berkendara.

Skutik ini terbilang kekinian karena menggunakan Smart Key System. Sistem kunci tanpa anak kunci (Keyless) ini membuat berkendara semakin praktis dan aman karena disematkan fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan mencari posisi motor. XMax juga dilengkapi lampu hazard untuk memberikan sinyal adanya keadaan darurat.

Sebagai skutik yang bisa digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari ataupun diajak pergi jauh, Yamaha melengkapi XMax dengan electric power socket untuk pengisian gadget. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai ponsel karena bisa diisi sembari berkendara.

Pada kaki-kaki, XMax mengadopsi pelek berdimensi 14 inci yang dibalut ban berukuran 120/70 di depan dan 140/70 di belakang. Ukuran ban yang cukup besar ini meningkatkan kepercayaan diri saat menikung.

Kamipun makin pede lagi lantaran skutik ini dilengkapi traction control system (TCS) yang berfungsi untuk mengurangi gejala ban belakang selip saat berkendara.

Yamaha XMax dipersenjatai dengan mesin SOHC satu silinder, empat stroke, liquid cooled berkapasitas 249 cc. Dengan spesifikasi tersebut, Yamaha XMax mampu menghembuskan daya hingga 20 Tk pada 7.500 rpm, dan torsi maksimum sebesar 21 Nm pada 6.000 rpm.

Tenaga yang dihasilkan cukup responsif dan terisi mulai putaran bawah sampai atas. Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam mudah diraih dan tidak terasa. Dipacu hingga 140 km/jam skutik ini tetap stabil dan mudah dikendalikan.

Yamaha XMax memiliki empat pilihan warna, yakni Ultimate Bronze, Racing Yellow, Masculine Grey dan Elegant White. Banderolnya, Rp 55 juta on the road Jakarta.

Lalu bagaimana performa suspensi dan kenyamanan berkendaranya? Simak ulasannya pada video di bawah ini:

1 dari 2 halaman

Ekspor XMax

Sekadar informasi, Yamaha XMax juga diekspor ke Eropa. Skutik yang diproduksi di pabrik Pulogadung, Jakarta Timur ini menggunakan mesin berkubikasi 300 cc. Sementara, Yamaha XMax untuk pasar nasional menggendong mesin 250 cc. Lalu, apa saja perbedaan Yamaha XMax untuk pasar ekspor dan domestik?

"Untuk perbedaan spek (spesifikasi), hanya beda di kapasitas mesin, mata kucing, dan standar emisi Euro4," jelas GM After Sales Division and Public Relation PT YIMM, M Abidin, di sela-sela seremonial peresmian ekspor global Yamaha XMax 300 di Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (18/4/2017).

Lanjutnya, untuk Yamaha XMax yang nantinya beredar di Indonesia juga akan mendapatkan tambahan warna baru, yaitu kuning. Jadi, total warna untuk di pasar Eropa tiga dan domestik empat.

"Karena orang Indonesia tidak suka warna mature. Untuk perbedaan hanya itu, sedangkan fitur dan spesifikasi lainnya sama semua," tambah Abidin.

Untuk spesifikasinya, bagian depan, terdapat headlamp yang lebih sipit. Sementara di bagian belakang sudah ada teknologi LED. Perbedaan lain ada pada cakram. Sementara versi Eropa ada di kiri, maka pada versi Indonesia cakramnya di kanan.

Artikel Selanjutnya
Fania Nada Penasaran Ingin Nonton Warkop DKI Reborn Part 2
Artikel Selanjutnya
Top3: Empat Warna Suzuki Jimny dan XMax 250 Bikin Ketagihan