Sukses

Begini Cara Instalasi Audio Mobil yang Aman

Semua perangkat elektronik selalu ada resiko kebakaran jika tidak dipasang dengan benar.

Liputan6.com, Jakarta - Pemasangan aksesori atau komponen tambahan yang berhubungan dengan kelistrikan, berpotensi menimbulkan masalah, seperti terjadi arus pendek yang mengakibatkan kebakaran mobil. Begitu juga ketika pemasangan audio, baik masih dalam kondisi standar atau full spesifikasi.

Dijelaskan Eddie Soesanto, punggawa Cartens Autosound, semua perangkat elektronik selalu ada resiko kebakaran jika tidak dipasang dengan benar.

"Kita harus mulai dengan pemilihan kabel harus bagus, instalasi harus rapi, dan perlengkapan yang kita tambah memang harus sesuai dengan prosedur. Misalkan, kabel harus kualitas bagus atau tidak, ada pelindung (sekring)," jelas Eddie saat dihubungi Liputan6.com melalui sambungan telepon, Selasa (5/9/2017).

Lanjut pria gondrong ini, dengan adanya pengaman kabel atau sekring, ketika terjadi konsleting bisa mengamankan kabel dan tidak terjadi kebakaran.

"Nah, ada beberapa kali yang saya lihat teledor adalah penambahan aksesori yang berpotensi terjadi korsleting tidak ditambahkan sekring," tambah pria ramah ini.

Jadi, jika dilihat dari banyak kasus yang terjadi, banyak keteledoran dari pemilik ketika menambahkan perangkat aftermarket, sehingga APM bilang tidak boleh menambahkan sesuatu di mobil agar garansi tidak hilang.

"Anda boleh menambahkan sesuatu, tapi apakah sesuai prosedur, kerapihan, dan keamanan. Kalau dilihat APM ketika pemasangan kabel, harus ada selongsong dan pelindung, dan aftermarket juga harus mengikuti prosedur tersebut," tegas Eddie.

Simak juga video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sekring harus dekat aki

Selain itu, hal yang harus diperhatikan juga saat penambahan sekring, karena komponen ini sangat penting. Jadi, ketika penambahan sekring sebaiknya harus dekat dengan aki, agar tidak tejadi putus kabel sebelum sekring.

"Misalkan, ada tikus yang menggigit kabel sebelum sekring jadi tidak bisa diamankan dan tetap tejadi arus pendek. Ketika memasang sekring dekat aki, mengurangi resiko kabel putus sebelum sekring," tambah Eddi.

Selain audio, pemasangan lampu tambahan, seperti headlamp atau strobo juga pengaruh. harus diperhatikan kabel, soket, dan instalasinya. Jika ada kabel terkelupas dan menempel di bodi, ini yang menyebabkan korslet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.