Sukses

Kymco Saingi Honda Bikin Skutik Adventure Tourer

Liputan6.com, ‎Kaohsiung - Kymco tahu betul pasar sepeda motor tidaklah statis. Setidaknya itu yang mereka tunjukkan baru-baru ini dengan memperkenalkan Kymco C Series Concept.

Tapi konsep ini masih berstatus "preview". Artinya, motor masih dalam bentuk dua dimensi. Diprediksi bentuk 3 dimensinya akan diperkenalkan di pameran EICMA, Milan, November nanti.

Motor konsep ini, sebagaimana bentuknya, berada di segmen Adventure Tourer. Kalau kita ingat, tahun lalu Honda juga memperkenalkan motor yang sama bernama X-ADV.

"C Series Concept bertujuan untuk memimpin segmen pasar baru, Adventure Turer, dimana pengguna mencari kenyamanan dan fungsionalitas di jalan yang penuh petualangan dan menyenangkan," terang Allen Ko, President Kymco Group, dikutip dari Moto1Pro.

Disebutkan bahwa motor ini mengambil basis dari AK500 maxi-scooter, produk mereka yang baru saja diluncurkan. Motor ini dibuat agar pengendara nyaman menghadapi segala medan, misalnya dengan membuat posisi duduk tegap dengan setang tinggi, serta windshield yang tinggi.

Terdapat juga suspensi depan upside-down dan monoshock untuk bagian belakang, dengan ground clearance (jarak ke tanah) yang tinggi, demi mengakomodir kondisi jalan yang tidak melulu mulus.

Tidak disebutkan sama sekali soal spesifikasi mesin. Tapi sebagai gambaran saja, Honda X-ADV mengandalkan mesin 745 cc berpendingin cairan, yang di atas kertas menjanjikan tenaga 54 Tk pada 6.250 rpm dengan torsi 67,9 Nm pada 4.750 rpm.

Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui sistem transmisi kopling ganda atau Dual Clutch Transmission (DCT).

Simak juga video menarik di bawah ini:

1 dari 2 halaman

Honda X-ADV

Melansir laman Visordown, Selasa (8/11/2016), Honda X-ADV mengandalkan mesin 745 cc berpendingin cairan, delapan katup SOHC, parallel-twin. Mesin ini diambil dari model Integra dan NC750X.

Meski mewarisi mesin NC750 dan Integra, sasis tubular baja pada X-ADV dibuat baru yang dipadukan dengan suspensi up-side down berdiameter 41 mm yang bisa disesuaikan dan shock belakang preload adjustable. Sementara jarak main suspensi depan diatur sepanjang 153.3 mm dan belakang 150 mm.

Tak luput, Honda X-ADV mengadopsi velg 17 inci di depan dan 15 inci di belakang yang dibalut ban berjenis dual purpose. Di sektor pengeraman roda depan, disematkan kaliper empat piston yang dipadukan dengan kepingan rem 310 mm.

Selain dirancang tangguh melahap pelbagai medan, Honda juga melengkapi X-ADV dengan ruang bagasi 21 liter di bawah jok, windshield yang bisa diatur dalam lima posisi, dan kunci keyless. Sementara untuk mengakomodasi berkendara jauh, Honda X-ADV memiliki tangki bahan bakar sebesar 13,1 liter.

Artikel Selanjutnya
Bocoran Model Baru Mobil Listrik Honda
Artikel Selanjutnya
Top 3: Jebolnya Motor Marc Marquez dan Motor Trail 150 Cc