Sukses

Cara Mudah Memilih Jok Kulit Sintetis Berkualitas

Liputan6.com, Jakarta
Jok atau tempat duduk pada mobil menjadi salah satu bagian yang tak luput dari perubahan. Kenyamanan menjadi salah satu alasan konsumen, karena bagian interior ini secara langsung bisa dirasakan oleh penumpang sepanjang perjalanan.

Dewasa ini berbagai bahan dasar jok dipasarkan di Indonesia. Salah satu yang paling nge-hits yakni bahan jok dengan bahan kulit replika atau dikenal dengan sintetis. Maklum, harga bahan kulit sintetis tergolong lebih terjangkau.

Nah, meski murah namun ada beberapa yang harus diperhatikan untuk mengetahui bahan kulit sintetis yang baik dan benar. Menurut Thjie Tjie Fie, Assistan Marketing Manager Accura (jok kulit sintetis Accura), untuk menentukan jok kulit sintetis berkualitas bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Pertama, kata dia, untuk mengecek jok kulit sintetis bisa dilihat dari scretch atau garis yakni disentuh menggunakan kuku.

"Biasanya kalau yang murah diginiin (digesek pake kuku) ada garisnya
atau surfacenya keluar. Sebaliknya, jika bahan itu bagus tidak terdapat garis. Apalagi digores pakai kunci," ungkap Thjie saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (5/9/2017).

Thjie Tjie juga mengungkapkan, ciri-ciri dari bahan kulit sintetis yang baik seharusnya memiliki permukaan sehalus dan semirip dengan kulit. Kendati begitu, bahan jok kulit sintetis juga memiliki berbagai corak salah satu yang banyak digemari yaitu model kulit jeruk.

Kualitas kulit sintetis bisa juga dilakukan dengan cara ditarik untuk melihat kelenturannya. Model yang baik tidak cepat melar. Meski terlihat rongga-rongga, namun tidak cepat menyerap air.

"Selain itu untuk model kulit bahan murah biasanya cepat luntur, karena kualitas bahannya," ujarnya.

Adapun untuk usia pemakaian normal, bahan kulit sintetis biasanya tak mudah luntur di tahun tiga dan keawetannya dapat digunakan hingga lima tahun.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Mobil Mewah Mulai Tinggalkan Jok Kulit

Mobil mewah biasanya identik dengan penggunaan bahan kulit di sekujurĀ interior, mulai dari jok kulit, lingkar kemudi, hingga melapisi dasbor. Namun, hal tersebut mulai ditinggalkan oleh pabrikan mobil mewah, seperti Land Rover.

Land Rover menawarkan bahan pelapis interior alternatif pada Range Rover Velar. Bahan alternatif yang ditawarkan tetaplah berkualitas tinggi, harganya pun masih di atas harga kulit pelapis kulit standar.

DilansirĀ Carscoops, bahan campuran wool dan kain yang digunakan didatangkan dari Australia dan Selandia Baru. Sedangkan, bahan 'suedecloth' terbuat dari plastik yang didaur ulang.

Gerry McGovern, Land Rover design chief, mengatakan," Sikap terhadap produk yang dihasilkan oleh hewan sedikit demi sedikit berubah. Dunia kemewahan semakin canggih dan orang melihat kami menyesuaikan terhadap produk. Misalkan kain yang lebih berkelanjutan dan tidak meninggalkan jejak limbah."

"Saya pribadi ingin bergegas dari penggunaan bahan kulit hewan. Saya tidak suka membayangkan sapi dipotong untuk diambil kulitnya. Yang lebih penting, kain khusus memberikan kesempatan untuk menciptakan nuansa berbeda," sambung Gerry.

Artikel Selanjutnya
Trik Makeup untuk Tampilan Lebih Muda
Artikel Selanjutnya
Solusi Terbaru untuk Minimalisir Tampilan Jerawat