Sukses

Pencapaian Suzuki Sejak Dilahirkan

Suzuki Motor mencatatkan penjualan mobil sebanyak 62,6 juta unit di seluruh dunia sejak Oktober 1955 atau setelah perusahaan berdiri.

Liputan6.com, Shizuoka‎ - Suzuki Motor Corporation mencatatkan penjualan mobil sebanyak 62,6 juta unit di seluruh dunia sejak Oktober 1955 atau setelah perusahaan berdiri. Angka ini berdasarkan riset internal mereka hingga akhir Juli kemarin.

Menariknya, sebagaimana dikutip dari Automotive World, Rabu (6/9/2017), Indonesia masuk ke dalam tiga besar kontributor terbesar di luar Jepang.

Posisi pertama adalah India. Di sana Suzuki sukses menjual 16,76 juta unit mobil. Suzuki sendiri memang penguasa pasar roda empat di sana. Menyusul di bawahnya ada Tiongkok, pasar mobil kedua terbesar di dunia, sebanyak 3,69 juta unit. Indonesia berada di peringkat ketiga dengan total penjualan mencapai 2,22 juta unit.

Di Indonesia sendiri Suzuki sudah masuk pada 1969, tapi baru menjual motor pada 1970, dan menjajakan mobil pada 1976. Tapi perlu dicatat bahwa yang masuk dalam database di atas adalah "automobile" atau mobil. Jadi, tidak termasuk kendaraan roda dua (sepeda motor).

Sementara di negeri asalnya, menurut data dari Japan Automobile Dealers Association, Suzuki telah menjual 25 juta unit mobil.

Satu model paling laris mereka sampai saat ini adalah Alto, yang sudah terjual sebanyak 5,7 juta unit. Citycar ini pertama kali dijual pada 1979, hingga saat ini telah memasuki generasi ketujuh. Sepanjang perjalanannya, Suzuki membuat dua bentuk Alto, yaitu Alto hatchback tiga dan lima pintu, serta Alto light van tiga pintu.

Mobil laris lain lainnya adalah Wagon R (4,48 juta unit), Carry (4,46 juta unit), dan Swift (640 ribu unit).

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suzuki Jimny di Indonesia

Satu model lain yang tidak kalah populer dari Suzuki adalah Jimny. Meski memang dia tidak masuk lima besar produk Suzuki terlaris. Mobil ini diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Agustus kemarin.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kewalahan karena tingginya animo masyarakat yang ingin memesan mobil tersebut.

Hal ini ditegaskan langsung Direktur Pemasaran 4W Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra, saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta.

Donny menyatakan, konsumen yang siap membeli SUV mini tersebut di luar ekspektasi, yaitu lebih dari 100 pemesan. Padahal, PT SIS hanya menjatahkan mobil yang mampu melaju di dua habitat tersebut sebanyak 88 unit karena persoalan kuota.

"Padahal kami belum buka harga, inden juga belum dibuka, tapi mereka (calon konsumen) nanya ke dealer langsung," ungkap Donny, sebelum GIIAS 2017 berlangsung.

Donny mengatakan, pemesan Suzuki Jimny kebanyakan dari Jakarta, kemudian disusul Jawa Timur, lalu Sumatera dan Kalimantan, serta Sulawesi. Meski saat ini stok masih ada beberapa unit, maka tidak menutup kemungkinan saat peluncurannya mobil tersebut sudah ludes terpesan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.