Sukses

Cara Mudah Mencegah Tikus Bersarang di Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Tikus, hewan pengerat ini banyak tidak disukai karena dikenal mampu merusak apa saja. Termasuk di mobil.

Parahnya, sejumlah kasus karena ulah tikus kerap ditemui para pemilik mobil seperti korsleting atau mogok. Ya, beberapa bagian seperti kabel-kabel atau selang menjadi bermasalah karena digigit tikus.

Nah mau tahu mengapa tikus jadi doyan bersarang di dalam mobil?

Menurut Service Manager Plaza Toyota, Parman Suanda, alasan tikus bersarang di dalam mobil lantaran cukup sepele, yakni mobil jarang dikendarai atau dipakai.

“ Kemungkinan (selain dipakai) mobil jarang dihidupkan untuk sekedar dipanaskan,” ungkap Parman kepada Liputan6.com, Rabu (6/9/2017).

Parman menyatakan, alasan hewan kecil yang memiliki ekor ini sangat menyukai mobil khususnya mobil yang jarang dipakai sebagai sarang tak lain karena pengaruh lembab.

Selain itu Parman menyarankan, ada baiknya pemilik mobil tidak menyimpan kendaraannya di tempat yang cukup banyak sampah, seperti tempat sampah. Sebab, hal itu akan mengundang tikus untuk bersarang.

“Jadi sebaiknya area garasi itu bersih dan rapih,” ujar Parman.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Cara Usir Tikus di Mobil

Karena keberadaan tikus sangat mengganggu, setidaknya ada beberapa cara untuk mengusir tikus seperti dilansir Rumah.com, diantaranya:

Panaskan mesin mobil

Ada baiknya jangan lupa untuk selalu memanaskan mesinnya setiap hari. Tak perlu lama-lama cukup 3-5 menit.

Tikus biasanya lebih suka bersarang di mobil yang jarang dipakai. Dengan rutin memanaskan mesin mobil Anda, tikus akan malas naik ke kap mesin.

Siapkan perangkap

Anda bisa menyiapkan perangkap tikus di bawah mesin mobil. Perangkap tikus bisa berupa penjepit tikus atau lem tikus. Taruh sedikit makanan yang disukai tikus untuk memancingnya ke dalam perangkap.

Menaruh racun tikus sangat tidak dianjurkan karena Anda tidak akan tahu di mana tikus tersebut akan mati dan membusuk.

Beri aroma tak sedap

Ada beberapa bebauan yang tidak disukai tikus yang banyak dijual di toko pembasmi hama. Tikus kurang suka dengan aroma peppermint, rambut kucing, rambut anjing, dan lainnya.

Tempatkan aroma ini di sekitar mesin dan mobil agar tikus enggan mendekat. Anda juga bisa menebarkan kapur barus di dalam kap mesin mobil.

Tutup akses masuk

Jika mobil Anda berada di garasi tertutup, maka Anda harus menutup akses masuk si tikus. Pastikan pintu garasi tertutup saat malam hari.

Jika garasi mobil Anda berada di ruang terbuka Anda bisa menutup jalur tikus dengan menerbar kapur barus di dekat ban mobil atau menyemprot pestisida di sekitar ban mobil. Sebab biasanya tikus masuk ke ruang mesin merayap melalui ban mobil.

Gunakan Mengkudu

Anda juga bisa mengusir tikus menggunakan bahan alami, buah mengkudu salah satunya. Iris kotak-kotak buah mengkudu atau pace. Taruh beberapa potongan di mangkok.

Letakkan mangkok-mangkok tersebut di tempat yang sering dilalui tikus, atau di kolong kap mesin mobil Anda. Bau mengkudu akan membuat tikus enggan mendekat.

Jaga Kebersihan Ruang Mesin

Lakukan pengecekan rutin pada ruang mesin mobil Anda. Minimal pagi hari sebelum kendaraan dihidupkan. Tikus senang dengan sisa-sisa makanan dan kotoran karena itu pastikan ruang mesin selalu bersih.

Tikus muncul di lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya. Saat ini, perumahan baru lebih memperhatikan lingkungan, tak cuma bangunan.

Artikel Selanjutnya
Empat Cara Ampuh Mencegah Aroma Tidak Sedap pada Mobil
Artikel Selanjutnya
Koloni Ribuan Semut Api Seberangi Banjir Akibat Badai Harvey