Sukses

Warga Riau Berebut Mitsubishi Xpander

Liputan6.com, Pekanbaru - Diluncurkannya pada 17 Agustus lalu di Pekanbaru, Riau, Mitsubishi Xpander mendapat sambutan positif dari masyarakat. Terhitung 3 pekan sejak peluncuran itu, pemesanan untuk wilayah Riau mencapai 600 unit.

"Pada Oktober nanti sudah dikirim semuanya ke dealer yang ada di Pekanbaru dan sudah bisa diterima konsumen," kata Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro di Pekanbaru, Rabu (6/9/2017) siang.

Menjelang penerimaan itu, 3 dealer di Riau, yaitu PT Pekan Perkasa, Suka Fajar, dan Nusantara, tengah membangun segala fasilitas untuk suku cadang, servis dan bengkel.

"Setelah pengiriman, konsumen tinggal pakai dan semua fasilitas setelah pembelian tinggal dinikmati konsumen," Irwan menambahkan.

Lebih lanjut ia menerangkan, Mitsubishi Xpander merupakan jenis mobil perpaduan antara mobil keluarga (MPV) dengan desain SUV atau sport. Desainnya sendiri diklaim Irwan sebagai permintaan masyarakat Indonesia yang mendambakan perpaduan antara kedua konsep mobil tersebut.

"Kita tinggal mengakomodir permintaan masyarakat ini dan sudah dirintis sejak beberapa tahun lalu," kata Irwan.

Menurutnya, konsep ini selalu dipakai Mitsubishi dalam menjual produknya. Artinya, Mitsubishi tidak hanya menyediakan produk bagus, tapi juga pelayanan yang memuaskan masyarakat setelah membeli.

"Produk bagus saja tidak cukup. Harus ada aftersales dan networking yang dikembangkan bagi konsumen," kata Irwan.

Diberi nama Xpander, Irwan menyebut Mitsubishi ingin mengekpansi market penjualan mobil di Indonesia, khususnya di Pekanbaru. Untuk Riau sendiri disebutnya sebagai pasar penjualan yang sangat bagus.

"Ini merupakan produk strategis, mengekspan market Indonesia, meng-introduce produk baru. Ini merupakan the next generation MPV," katanya.

Simak juga video menarik di bawah ini:

Perkawinan MPV dengan SUV

Sementara itu, Product Ambasador Mitsubishi Motor Indonesia, Rifat Sungkar menerangkan, Mitsubishi Xpander dikonsepkan melebihi keinginan masyarakat Indonesia. Desainnya disebut merupakan perkawinan antara MPV dan SUV.

"Misalnya SUV Mitsubishi punya Pajero Sport. Inilah yang kemudian digabungkan, mobil untuk keluarga dengan perpaduan sport yang cocok untuk segala medan," katanya.

Dia menyebut kendaraan ini menghadirkan kenyamanan bagi penumpangnya dengan berbagai konsep keamanan. Mesin bertenaga 1.500 cc digabungkan dengan sistem suspensi yang mumpuni sehingga orang di dalam mobil tidak merasakan getaran.

"Waktu test drive di Jepang, pada kecepatan 130 kilometer per jam, orang di dalam tidak merasakan getaran," katanya.

Rifat menjelaskan, produk baru ini sudah diuji di berbagai medan. Test drive di Jepang sudah melewati berbagai bentuk jalanan, mulai dari yang mulus, berlobang, berlumpur dan terjal.

Dia menyebut mobil ini sangat cocok untuk keluarga karena target pasarnya demikian. Ditambah lagi dengan kenyamanan tempat duduk yang didesain lebih mewah dari produk lainnya.

Terkait penjualan di Riau, Head MMC Sales dan Marketing MMKSI Ilham Iranda Syahputra menjelaskan, Mitsubishi punya sekitar 30 persen nilai jual dari berbagai produk yang ada. Sehingga dia optimisi produk baru ini bisa bersaing dengan pabrikan lainnya yang sudah ada di Pekanbaru.

Disebutkan, di Pekanbaru pasar mobil berjenis small MPV berkisar antara 400 unit sampai 600 unit. Dengan rasio 30 persen pasar yang sudah digenggam, dia menyebut target penjualannya antara 120 unit per bulan.

"Selanjutnya akan ditingkat lagi, karena produk mitsubishi lainnya ada yang 44 persen bahkan 75 persen di di Pekanbaru," katanya.

Bagi masyarakat Pekanbaru yang ingin melihat mobil ini, Mitsubishi sudah memajangnya di lantai I Mal SKA Pekanbaru. Pameran berlangsung hingga 10 September 2017.‎