Sukses

Ini Skutik Tercepat Sejagat

Liputan6.com, Utah - Sepeda motor matik merek Benelli sukses mencatatkan diri sebagai matik tercepat sejagat, setelah baru-baru ini memecahkan rekor dunia di Bonneville Salt Flats, Utah, Amerika Serikat (AS). Tak hanya satu, ada enam gelar baru yang sukses diborong.

Seperti dilaporkan RideApart, Benelli 50 cc memecahkan dua rekor sekaligus dengan kecepatan maksimal mencapai 114 km/jam. Lalu, Benelli matik 85 cc juga memecahkan dua rekor, 132,6 km/jam dan 132,9 km/jam, dan terakhir model 100 cc berlari lebih dari 141 km/jam.

Mesin-mesin motor ini diatur oleh para ahli 2-Tak, Jorg Moller dan Fabio Fazi, selaku engineer proyek sekaligus pembalap. Sementara, desain tampilan motor dikerjakan oleh seniman Aldo Drudi.

Fazi memecahkan dua rekor dalam kategori 50 cc. Sementara empat sisanya dipecahkan oleh mantan pembalap World Superbike dan Italian Superbike, Mauro Sanchini. "Saya senang dengan hasil bagus yang telah kami capai," terang Sachini.

Pemecahan rekor dunia ini, menariknya, bukan diinisiasi oleh Benelli, melainkan oleh produsen ban Pirelli. Pirelli ingin membuktikan bahwa semua ban mereka punya kualitas yang sangat baik, termasuk ban untuk skuter yang jauh dari kesan "balap" dan "performa tinggi".

Memecahkan rekor dunia sendiri bukan hal baru bagi Pirelli. "Sejak tahun 2000 kami telah menorehkan 21 World Records, dan dengan enam catatan ini kami akan memperkaya capaian itu. Waktunya juga tepat, mengingat tahun ini kami baru memperkenalkan ban Diablo Rosso Scooter," terang Testing Department Director of Pirelli Moto, Salvo Pennisi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Bonneville Salt Flats

Bonneville Salt Flats memang jadi tempat paling cocok untuk memecahkan rekor kecepatan. Ini adalah wilayah dengan konsentrasi garam padat yang tinggi dengan tingkat rata tanah yang baik. Area seluas 104 kilometer persegi ini semakin cocok untuk balapan.

Salah satu rekor yang pernah dipecahkan adalah VW Kodok tercepat di dunia.

Atas kerja sama langsung dengan VW, California tuner THR Manufacturing berhasil membuat mobil VW Kodok tercepat sepanjang masa, sejak mobil ini pertama kali dibuat pada 1936 silam.

VW Kodok yang diberi embel-embel "LSR" di akhir namanya ini berhasil mencatatkan kecepatan hingga 330,1 km/jam. Demikian seperti yang dikutip dari Top Gear.

"Melebihi 321 km/jam di dalam Beetle LSR adalah sensasi yang serius. Kami punya tenaga lebih bahkan untuk lebih cepat dari itu kalau daratan tidak begitu samar," ujar Preston Lerner, sang pengendara.

Modifikasi ekstrem memang tak terelakkan agar VW Kodok ini bisa mencapai kecepatan yang maksimal. Mesin dirombak sedemikian rupa, dengan penambahan turbo, piston, camshaft, dan batang penghubung baru.

Alhasil, mesin EA888 TSI four-cylinder baru ini mampu menyemburkan tenaga hingga 550 Tk dan torsi 571 Nm. Tak heran jika di bagian belakang mobil ditambahkan parasut agar pengereman bisa lebih maksimal.

"Beetle bukanlah mobil yang paling aerodinamis dalam portofolio kami. Jadi, berlari 330 km/jam adalah bukti tenaga yang bisa dihasilkan dari mesin," ujar Hendrik Muth, Senior Vice President, Product Marketing and Strategy, Volkswagen of America.

Artikel Selanjutnya
Deretan Supermoto Terbaik di Dunia Saat Ini (Bagian 2)
Artikel Selanjutnya
Lima Mobil Listrik Terdahsyat dan Tercepat Sejagat