Sukses

Sebentar Lagi, Bayar Belanja Cuma Pakai Kunci Mobil

DS Automobiles telah mengembangkan remote atau kunci mobil yang dapat digunakan untuk transaksi pembayaran.

Liputan6.com,Paris - Fungsi kunci mobil kebanyakan digunakan untuk membuka dan menutup pintu serta menyalakan mesin kendaraan. Kunci mobil juga bisa digunakan sebagai alarm.

Namun di masa yang akan datang fungsi kunci mobil akan semakin berevolusi dan multifungsi. Salah satunya adalah sebagai alat untuk melakukan proses pembayaran.

Ya, kunci mobil di masa depan akan menggantikan alat pembayaran seperti kartu debit maupun kredit, seperti yang telah dilakukan melalui transaksi online baik melalui ponsel atau smartwatch.

Dilansir Carscoops, Jumat (8/9/2017), inovasi ini rupanya dibuat langsung oleh perusahaan otomotif asal Perancis, DS Automobiles telah mengembangkan remote atau kunci mobil yang dapat digunakan untuk transaksi pembayaran.

Rencananya, perangkat ini akan menjadi fitur standar yang diterapkan pada model hatchback hibrida DS 3 Connected Chic.

Kunci mobil ini akan dilengkapi dengan Radio Frequency Identification (RFID) yang berfungsi untuk memastikan rasa aman dan tak ada penipuan.

Untuk mengisi saldo pada kunci ini, maka konsumen cukup mengunduh sebuah aplikasi khusus yang ada di smartphone.

Cara pembayaran alat ini memang sedikit sama seperti kartu elektronik atau debit, yaitu menempelkan kunci ke salah satu mesin elektronik.

Menurut Marketing Director DS Inggris, Mark Blundell, kunci mobil ini sangat cocok untuk gaya hidup pelanggan DS yang aktif.

"Di DS kami selalu melihat bagaimana kami dapat melengkapi gaya hidup aktif pelanggan kami, di mana tetap terhubung dan dapat berinteraksi dengan dunia hanya sangat mudah dengan kunci," ungkap Mark.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Adu Canggih Kunci Mobil Dari Berbagai Merek

Tak hanya menciptakan sebuah mobil berteknologi muktahir, para pabrikan otomotif juga turut membuat kunci mobil yang tak kalah canggih dan keren.

Melansir Bussiness Insider, Sabtu, (10/12/2016), setidaknya terdapat beberapa kunci mobil yang didesain sangat inovatif dan memiliki teknologi canggih.

Mau tahu kunci apa saja, berikut daftarnya:

BMW Seri 7

Kunci mobil ini dilengkapi teknologi tinggi berupa layar sentuh berukuran 2,2 inci.

Selain dapat menjadi alat identifikasi untuk membuka kunci pintu dan menyalakan mobil secara otomatis, kunci mobil BMW ini juga memberikan informasi status cuaca dan mengenai promo, atau pusat pelayanan (service center). 

Anda juga dapat mengontrol suhu di dalam mobil dan mengaktifkan lampu. Tapi yang unik, kunci ini bisa digunakan untuk memarkir mobil dari jarak jauh.

Tesla Model S

Dengan desain yang awalnya dianggap sebagai miniatur Tesla Model S, namun kunci ini tak hanya berfungsi untuk membuka-menutup pintu dan menyalakan mesin saja, sebab bisa juga memanggil mobil agar maju atau mundur walau di dalam mobil tak ada pengemudi atau penumpang.

Akan tetapi fitur ini hanya baru bisa dilakukan dari jarak dekat.

Koenigsegg’s

Kunci mobil Koenigsegg tak terlalu istimewa jika dilihat dari segi fitur. Namun karena bentuknya memiliki desain logo mobilnya yaitu berbentuk tameng.

Bugatti Veyron

Kunci mobil ini sangat unik karena dapat mengatur posisi sasis, rear spoiler, dan menutup celah diffuser hanya dengan memasukkan kunci tersebut dalam slot di belakang kursi pengemudi.

Alhasil dengan menggunakan kunci yang disebut top speed tersebut, maka bisa juga memberikan ekstra kecepatan hingga 50 mph.

Aston Martin

Meski terlihat persegi, kunci Aston Martin ini disebut 'Emotional Control Unit'. Yang membuat kunci ini special karena kunci mobil tersebut terbuat dari bahan kristal safir yang dibanderol mencapai US$ 2.000.

McLaren

Tidak disebutkan bagaimana keunikan kunci ini. Hanya saja kunci ini dibuat menggunakan bahan serat karbon. Hal inilah yang membuat kunci mobil buatan Inggris tersebut berbeda.

Maserati

Seperti pada umumnya kunci Maserati bisa digunakan untuk membuka atau menutup pintu hingga bagasi. Namun yang lebih menarik kunci ini yakni disebut fashion key that swings out. 

Pagani Huayra

Peranti ini cukup unik karena dibuat dari bahan aluminium yang didesain mirip miniatur mobilnya.

Kunci Pagani Huayra ini juga bisa berguna sebagai USB drive yang dapat menyimpan data digital.

Corvette

Yang membuat unik dari kunci mobil ini yaitu bentuknya yang persegi dengan balutan warna hitam. Tentu saja, fitur lainnya sama seperti kunci mobil pada umumnya.

Jaguar F-Pace

Kunci mobil Jaguar F-Pace ini memiliki fitur Activity Key. Di mana bentuknya berupa gelang anti air.

Untuk membuka kunci, maka pemilik mobil cukup mendekatkan gelang ke mobil, lalu pintu terbuka secara otomatis.

Volvo

Perusahaan mobil asal Swedia ini kabarnya akan menghilangkan kunci. Bagaimana cara membuka mobilnya? Ternyata, Volvo akan menggunakan kunci digital yang memiliki koneksi kepada Bluetooth dan bisa dipakai menggunakan smartphone.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.