Sukses

Bunyi Krik Krik Krik Honda Vario, Ada Apa?

Honda Vario mengeluarkan bunyi krik krik krik padahal sudah dua kali ganti v-belt CVT.

Tolong bantu sy motor vario saya udh lebih dari 8 bulan ada bunyi di mesin krik krik gitu pada hal udh ganti vanbelt 2x blm ada setahun pada hal 1 hari jarak tempuh kurang dr 50km, ganti kanvas ganda,mangkok kanvas ganda,cvt udh ganti masih bunyi aja sy bingung apa memang sudah bawaan seperti itu apa gimana ya. --Wahyu Cahyadi--Tengerang

Liputan6.com, Jakarta Dear Mas Wahyu,Berdasarkan keluhan yang ditanyakan yaitu suara mesin ada bunyi krik-krik, kami tidak bisa menganalisa dan menyimpulkan secara pasti penyebabnya.  Pertanyaannya kurang spesifik. Sebaiknya diiformasikan juga hal berikut:1. Suara noise dari area mesin sebelah mana? (dari mesin bagian atas atau area cvt mesin atau dari mesin sebelah kanan, dsb).

2. Pada saat apa noise muncul? (stasioner/akselerasi/deselerasi atau pada saat kecepatan tinggi, dsb).

3. Pada kondisi apa noise muncul? (panas atau dingin, dsb).

Namun dari beberapa penggantian part yang sudah dilakukan yaitu: ganti V-Belt (2x), ganti kampas ganda (weight set clutch), ganti rumah kopling (outer comp clutch) tapi belum ada perubahan, ada beberapa  kemungkinan yang bisa menyebabkan noise tersebut antara lain:1. Bearing driven face oblak, bearing cover CVT oblak , bearing shaft drive oblak. (biasanya noise muncul saat roda belakang diputar)

2. Piece slide longgar (biasanya noise muncul pada kondisi mesin stasioner)3. Piston set longgar (biasanya noise muncul saat tarik gas/akselerasi)

Demikian beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan noise mesin. Semoga membantu.Salam,Venus AdhaDapatkan kesempatan meraih apparel menarik dengan mengirimkan pertanyaan mengenai sepeda motor ke otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:Subject: SOLUSI OTOMOTIFNama:Usia:Lokasi:Pertanyaan:Nomor Telepon:Alamat Lengkap:Hanya pertanyaan terpilih yang akan mendapat hadiah menarik dan kami tayangkan. Pertanyaan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini