Sukses

Semua Jaguar Land Rover Bakal Andalkan Setrum, Kapan?

Jaguar Land Rover akan mengadopsi teknologi full elektrik, plug-in hybrid, dan mild hybrid. Kapan

Liputan6.com, London - Pada 2020 mendatang, semua mobil buatan Jaguar Land Rover akan mengadopsi teknologi listrik. Pengumuman tersebut disampaikan oleh perusahaan asal Inggris tersebut di ajang Tech Fest, London, 7 September 2017.

Dr. Ralf Speth, Jaguar Land Rover Chief Executive Officer, mengatakan, "Setiap Jaguar Land Rover model terbaru akan terelektrifikasi sejak tahun 2020, memberikan konsumen kami lebih banyak pilihan. Kami akan menawarkan jajaran produk yang sudah terelektrifikasi, full elektrik, plug-in hybrid, dan mild hybrid. Elektrik performa kami adalah Jaguar I-PACE yang akan dijual tahun depan."

All new I-Pace mulai diproduksi massal pada pertengahan Juni lalu. Dengan mulainya produksi mobil listrik dari Jaguar, artinya pemain di segmen ini semakin ramai. Terutama Tesla X kini memiliki lawan yang sebanding, karena I-Pace mengadopsi desain crossover.

I-Pace mengawali debutnya di Los Angeles tahun lalu. Saat itu, Jaguar memperkenalkan I-Pace dalam wujud mobil konsep. Uniknya, saat itu wujud versi produksi belum diperkenalkan ke publik sama sekali. Namun Jaguar tetap percaya diri untuk langsung memasukkannya ke jalur produksi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaguar E-Type Zero, Mobil Listrik Tercantik

Jaguar Land Rover Classic menghadirkan E-type bermesin listrik di ajang Jaguar Land Rover Tech Fest, London. Mobil ini bukanlah mobil baru, melainkan modifikasi sekaligus restorasi E-type klasik. Proses pengerjaan berlangsung di Land Rover Classic Works, Coventry.

Tim Hannig, Direktur Jaguar Land Rover Classic, mengatakan, "E-type Zero mengkombinasikan kedinamisan E-type dengan peningkatan performa melalui elektrifikasi. Kombinasi ini menciptakan sensasi berkendara yang menakjubkan."

"Tujuan kami dengan E-type Zero untuk menawarkan kepemilikan mobil klasik yang tak terikat oleh waktu. Kami tidak sabar untuk memperlihatkan konsep ini ke konsumen kami," lanjut Hannig.

Performanya meningkat drastis, electric powertrain miliknya sanggup menghasilkan tenaga 220 kW (295 Tk). Baterai lithium-ion miliknya memiliki dimensi dan bobot yang sama dengan mesin XK 6-silinder bawaan aslinya.

Penempatan baterai, mesin elektrik, serta gear dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Sehingga tidak mengubah banyak distribusi bobot, bahkan versi elektrik lebih ringan 46 kg.

Dengan modifikasi elektrik yang dilakukan, maka Jaguar E-type Zero menjadi mobil listrik tercantik yang pernah dibuat. Istilah tersebut merujuk kepada ungkapan Enzo Ferrari mengatakan E-type original sebagai ‘The most beautiful car ever made’.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.