Sukses

Mobil Jenazah Mewah Buatan Jepang

Liputan6.com, Toyama - Mobil jenazah biasanya adalah kendaraan standar yang sedikit dimodifikasi di bagian dalam. Tidak ada yang spesial dari mobil ini. Setidaknya, kalau tidak di tangah Mitsuoka Motor Co, produsen pembuat mobil-mobil unik.

Berkantor di Toyama, Jepang, Mitsuoka baru-baru ini meluncurkan mobil jenazah mewah. Dikatakan mewah, karena basis mobil ini adalah kendaraan high-end seperti Toyota Alphard, dan Vellfire. Demikian seperti yang dikutip dari Japan Today, Senin (11/9/2017).

Seperti terlihat pada gambar di atas, bagian penumpang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga ada tempat menyimpan peti di sisi kanan mobil. Ada sejumlah lampu tambahan yang diempatkan di kiri dan kanan. Di sisi kiri masih tersisa ruang untuk tempat duduk pengantar.

Sementara bagian depannya tidak ada yang berubah. Hanya ada sedikit tambahan pembatas dan kaca di sebelah kiri.

Resminya, mobil ini adalah gabungan antara sleeping car dan funeral car. Sleeping car adalah kendaraan yang biasa membawa mayat dari rumah sakit ke rumah duka. Sementara dari rumah duka ke pemakaman, pakai funeral car. Di Jepang, ini adalah dua kendaraan yang berbeda.

Mitsuoka berhasil merancang mobil ini tanpa menambah wheelbase pada mobil asli. Umumnya, untuk menampung peti mayat, kendaraan jenazah biasanya memang dimodifikasi di bagian itu. Alphard yang berukuran 4.915 mm (panjang) x 1.850 mm (lebar) x dan 1.880 mm (tinggi) dianggap sudah sesuai.

Satu mobil jenazah paling populer adalah hasil modifikasi dari Toyota Crown. Harga mobil ini 30 persen lebih murah karena tidak memerlukan perubahan besar, semisal pemotongan frame dan pengelasan. Harga mobil mulai dari 4.66 juta yen atau setara Rp 566,3 juta.

"Dengan biaya mobil yang lebih rendah, biaya pemakaman bisa diturunkan," demikian pernyataan resmi perusahaan, membayangkan keuntungan yang bisa didapat dengan memilih mobil ini.

Saksikan Juga Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Alphard Mini

Bicara soal Aplhard, baru-baru ini Toyota Indonesia memboyong versi mininya yang bernama Voxy. Peluncuran penerus Nav1 ini hadir bersamaan dengan pemunculan Fortuner TRD Sportivo dan perkenalan SUV Crossover C-HR di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, tengah Agustus kemarin.

Menurut Vice Presiden PT TAM, Henry Tanoto keberadaan Toyota Voxy tak lain karena masyarakat Indonesia tetap membutuhkan kendaraan di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV).

"Dengan desain lebih sporty dan menawan, Voxy diharapkan mampu mengikuti kinerja pendahulunya di segmen premium, Alphard, sebagai market leader MPV premium di Indonesia,” ungkap Henry.

Untuk pasar Indonesia Toyota Voxy ini dijual hanya dengan satu pilihan tipe mesin, yakni 2,0 liter dan tiga pilihan warna, yaitu Sporty Black, White Pearl, serta Inazuma Sparking Black.

Artikel Selanjutnya
Berbentuk Rumah, Mobil Ini Jago Ngebut
Artikel Selanjutnya
Intip Gaya Rumah Megah ala Timur Tengah Milik Anniesa Hasibuan