Sukses

Lihat, Motor Listrik Unik Ini Buatan Dokter Hewan

Liputan6.com, Atalanta - Seorang dokter hewan spesialis bedah tulang asal Atlanta, Amerika Serikat, baru-baru ini sukses membuat sepeda motor listik dengan desain unik.

Adalah Alan Cross yang telah menciptakan karya brilian berupa sepeda motor bernama ExoDyne. Sepeda motor ini dibuatnya di garasi rumah selama sembilan bulan. Demikian dilansir silodrome.com, Senin (11/9/2017).

Cross ternyata memang jenius, selain sebagai dokter hewan, dia juga ternyata memiliki gelar di bidang teknik (engineering). Alhasil dia juga memiliki keterampilan dan ilmu pengetahuan mengenai logam dan fabrikasi.

Bingkai ExoDyne ini dibuat kotak karena digunakan sebagai boks penyimpan baterai yang sama seperti 48 baterai lithium polymer (LiPo).

Baterai ExoDyne yang berbobot 21 kilogram ini berkonfigurasi 100V 32 Ah, dan mampu memberikan daya hingga 600 A. namun begitu dia membatasinya hanya 200 A.

Posisi baterai ini juga dibuat sebagai penghubung steering head dengan swingarm pivot.

Sepeda motor ini juga memiliki tambahan dorongan berkat sistem penggerak roda belakang yang dihasilkan motor listrik dari EnerTrac dengan daya 11 Kw.

Kendati demikian Cross mengaku, beberapa part lain yang digunakan untuk ExoDyne mencomot beberapa sepeda motor lainnya, seperti suspensi depan Suzuki RMZ 250 lansiran 1995, lalu Headstock and Rear Swingarm Suzuki RM 125 buatan 1995.

Ia juga menggunakan serat karbon agar tetap kuat namun berbobot ringan. Alhasil, sepeda motor ExoDyne ini hanya memiliki berat keseluruhan kurang dari 113 kg.

Beberapa aspek, seperti boks baterai ion-lithium, juga menggunakan serat karbon agar kokoh dan ringan. Itulah alasan mengapa bobot ExoDyne secara menyeluruh kurang dari 113 kg.

Disebutkan, ExoDyne mampu menempuh jarak hingga 32 km, dengan kecepatan mencapai 100 km/jam.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Moge Listrik Berdesain Brutal

Sepeda motor listik sepertinya semakin bakal menjadi tren di dunia. Bahkan, banyak pabrikan roda dua yang mulai meluncurkan motor listrik dengan berbagai gaya, baik sport, naked bike, touring, bahkan custom dengan desain yang radikal.

Salah satunya Hercules, motor gede (moge) listrik hasil kolaborasi Zero Motorcycles dengan produsen sepeda motor bergaya radikal dengan mesin V-Twin, Confederate Motorcycles. Demikian dilansir Paultan.

Motor listrik Zero dan Confederate ini bakal dipersenjatai motor listrik yang mampu memuntahkan daya hingga 175 Tk, dengan torsi maksimum sebesar 393 Nm.

Sementara itu, untuk desain Hercules bakal ditangani oleh Jordan Cornille, sebagai lulusan Creative Studies di Detroit, Michigan. Untuk sketsa desain awal yang ditunjukkan sebagai motor penjelajah yang ramping, namun dengan tenaga listrik.

Sebelum mulai produksi motor listrik sepenuhnya, Confederate siap menghadirkan 13 unit motor terakhir berbentuk Bomber dengan mesin V-Twin.

Saat mulai memproduksi motor listrik, Confederate bakal mengganti nama perusahaan, yaitu Curtiss Motorcycle, dan dimulai dengan motor e-Hercules. Hal tersebut untuk menghindari respon negatif dengan negara asal Confederate dan perang saudara Amerika Sekat.

Artikel Selanjutnya
TAU, Perusahaan Jepang Spesialis Mobil Rusak
Artikel Selanjutnya
Satwa Eksotik Seharga Puluhan Juta Siap Hadir di Indo Pet Show