Sukses

Badai Irma Paksa Kia dan Hyundai Tutup Pabrik

Liputan6.com, Florida - Hyundai Motor dan Kia Motors mengumumkan pada Senin (11/9/2017) bahwa mereka untuk sementara akan menutup pabrik perakitan di Amerika Serikat (AS). Ini untuk mencegah potensi kerusakan karena badai Irma, yang telah berlangsung beberapa hari.

Melansir Reuters, Hyundai bakal menutup sementara pabrik yang ada di Alabama selama tiga hari, sejak Senin sampai Rabu. Sementara itu, Kia akan menutup pabrik yang ada di Georgia selama satu hari, antara Senin atau Selasa. Lokasi pabrik memang berdekatan dengan pusat badai.

Diprediksi, dengan penutupan ini keduanya setidaknya menunda produksi 3.000 kendaraan. Tidak disebutkan berapa nominal kerugian. Pihak Hyudai atau Kia tidak berkomentar soal itu.

Adapun penutupan sementara pabrik ini dilakukan di tengah penjualan yang kian lesu. Penjualan Hyundai, misalnya, turun hampir 11 persen per 31 Juli lalu. Pertumbuhan negatif mereka bahkan lebih rendah ketimbang penurunan penjualan mobil dan pikap di AS secara keseluruhan.

Sonata, tulang punggung Hyundai di AS, malah telah turun sampai 30 persen dalam tujuh bulan pertama 2017. Hal ini disebabkan persaingan yang kian ketat.

Badai Irma sendiri mengamuk daerah berpenduduk padat di Florida tengah. Angin kencang, badai, dan banjir di tiap sudut kota adalah pemandangan yang terjadi belakangan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Honda juga pernah

Peristiwa alam memang kerap memaksa pabrikan menghentikan produksi. Hal ini pernah terjadi pada Honda, tahun lalu.

Honda pada 14 April tahun lalu menutup pabriknya di Ozu, Prefektur Kumamoto, setelah bencana gempa yang melanda sebelah selatan Jepang. Semua kegiatan di pabrik langsung dihentikan pada Senin malam waktu setempat tidak lama setelah gempa melanda.

Kegiatan operasi baru mulai dilakukan pada 6 Mei. Di mana pertama-tama yang dbuat adalah suku cadang untuk ekspor. Tapi ketika itu kegiatan produksi belum berjalan sepenuhnya. Alat-alat rusak. Bangunan pun penuh dengan puing-puing sisa.

Produksi massal dilakukan setelah seluruh alat produksi pada pabrik selesai diperbaiki. Sedari tutup hingga kembali produksi massal, pabrik ini tidak beroperasi selama hampir empat bulan.

Pabrik Kumamoto menjadi salah satu basis produksi utama sepeda motor Honda. Di sini tempat lahirnya motor gede seperti Fireblade, Goldwing, VFR1200F, NC750X, CRF250X, serta Silver Wing.