Sukses

Satu Merek Mobil Legendaris Inggris Terlahir Kembali

Liputan6.com, London - Merek mobil asal Inggris dikenal dengan performa yang tinggi. Untuk menyebut dua saja, di sana ada Aston Martin yang identik dengan tokoh James Bond, serta McLaren. Baru-baru ini, daftar tersebut akan bertambah dengan kelahiran kembali satu merek klasik.

TVR, demikian nama merek mobil itu dikenal. Mungkin kita tidak familiar. Namun bagi orang Inggris, TVR adalah merek mobil yang cukup legendaris.

Dilaporkan Autoexpress, "kelahiran kembali" TVR ditandai dengan peluncuran Griffith, sebuah mobil sport yang pertama kali diperkenalkan pada 1991, di Goodwood Revival, baru-baru ini. Mobil ini akan diproduksi tahun depan, dengan harga mulai dari 90 ribu pound sterling (setara Rp 1,5 miliar).

Bos TVR, Les Edgar, mendeskripsikan mobil ini sebagai "muscle car British", dan "menawarkan tingkat kecanggihan, kenyamanan, dan kepraktisan yang tidak pernah terlihat oleh merek sebelumnya".

Griffith memiliki panjang 4.314 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.239 mm. Dimensi ini mirip seperti Aston Martin V8 Vantage, tapi lebih kompak dari Porsche 911 dan Jaguar F-Type. Dibanding kompetitornya, tulis sumber, mobil ini paling ringan karena terbuat dari carbon composite.

Bagaimana dengan mesin? Layaknya sebuah sportscar, mobil ini hanya dilengkapi dengan satu pilihan transmisi, manual 6 percepatan. Dengan mesin 5,0 liter naturally aspirated V8 milik Ford bertenaga 506 Tk, mobil ini bisa melesat sampai 100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 4 detik.

Launch Edition dari mobil ini hanya dibuat sebanyak 500 unit saja.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Sejarah

Kabar soal kembalinya TVR sebetulnya telah terendus pada 2013 lalu. Ketika itu, situs resmi TVR memuat banner besar dengan tulisan "Thunderous News! The distant rumble of rumour has turned to thunder, and TVR is back in Britain!"

Menengok sejarahnya, mobil ini dibuat pasca perang dunia, pada 1947, oleh pria bernama Trevor Wilkinson di Blackpool, Inggris. Sedari awal berdiri, merek ini memang khusus membuat mobil berperforma tinggi dengan jumlah yang terbatas.

Sejak berdiri, merek ini telah beberapa kali berganti pemilik. Mulai 1965, merek ini dimiliki oleh Arthur Lilley dan anaknya Martin Lilley. Kemudian pada 1981, TVR dibeli oleh Peter Wheeler. Sampai kemudian pada 2004, Nikolai Smolensky, bankir asal Rusia, mengakuisisinya.

Pada 2015, mereka mengumumkan sedang mengembangkan mobil baru atas kerja sama dengan Gordon Murray dan Corworth. Mobil inilah yang diluncurkan saat ini.

Artikel Selanjutnya
Volkswagen Kombi dalam Catatan Sejarah Dunia Otomotif
Artikel Selanjutnya
Gila, Mobil Bekas Harganya Tembus Rp 296 miliar