Sukses

Keren, Mobil Audi Tak Lagi Pakai Setir

Liputan6.com, Frankfurt - Memanfaatkan ajang Frankfurt Motor Show, yang dibuka untuk publik mulai tanggal 14 nanti, tapi telah dibuka untuk para wartawan dari seluruh dunia, Audi memperkenalkan dua mobil konsep bernama Aicon dan Elaine.

Aicon, sebagaimana dikutip dari Automotive News, Selasa (12/9/2017), adalah "mobil mewah otonomos konsep", yang mengusung teknologi self-driving level 5. Pada tingkat ini, mobil bisa mengantar penumpang dalam jarak jauh tanpa intervensi dari manusia sama sekali.

Marc Lichte, Head of Design Audi, mengatakan bahwa mobil ini didesain pertama-tama untuk menjadi kendaraan dengan ruang interior maksimal. Hal ini dimungkinkan karena beberapa perangkat utama di interior hilang, seperti roda kemudi beserta tuas atau pedal penunjangnya.

"Bentuknya mirip mobil listrik Audi e-Tron, dari depan," kata Lichte. "Aicon dibuat dengan platform yang sama dengan SUV e-Tron," tambahnya. e-Tron sendiri merujuk pada mobil listrik pertama Audi yang akan diperkenalkan paling cepat tahun depan.

Secara teknis, mobil ini dilengkapi dengan empat motor listrik, masing-masing untuk tiap roda sehingga menjadikan mobil ini bersistem penggerak semua roda. Audi dalam pernyataan resminya bilang kalau model ini diproduksi massal cocok untuk pengendara perkotaan.

Motor itu sendiri mendapat pasokan energi dari baterai yang bisa diisi ulang dengan cepat (fast charging). Untuk kapasitas sampai 80 persen, hanya butuh isi ulang selama 30 menit. Kalau terisi penuh, mobil bisa melaju antara 700 km sampai 800 km, tergantung beberapa faktor lain.

Selain ramah lingkungan dan canggih, Audi juga tak lupa menyematkan fitur-fitur hiburan. Tercatat ada head-up display yang bisa menampilkan film.

"Ini adalah yang kami pikirkan tentang masa depan mobil otonomos," terang CEO Audi, Rupert Stadler, mengomentari mobil secara keseluruhan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Audi Elaine

Sebenarnya dua mobil konsep ini mirip. Hanya saja ada perbedaan di sektor penampilan, di mana "wajah" Elaine terlihat lebih rumit dengan lampu utama tipis dan LED yang ada di samping.

Autocar UK menjelaskan bahwa Elaine adalah SUV yang juga dikembangkan dengan kecerdasan buatan seperti Aicon. Tapi, level fitur otonomosnya baru ada di tingkat 4. Itu artinya, dalam soal berkendara secara mandiri, Aicon lebih mumpuni.

Kecerdasan buatan yang ditanamkan pada mobil ini memungkinkan keduanya "belajar" beberapa hal, semisal marka jalan. Ini kemudian akan disimpan di database.

Dijelaskan bahwa mobil berbentuk SUV ini dilengkapi dengan remote parking yang memungkinkan pengendara keluar dari mobil, dan kendaraan memarkirkan dirinya sendiri.

Tidak dijelaskan kapan mobil ini akan masuk dapur produksi. Tapi mengingat ia dilengkapi fitur otonomos penuh, sulit membayangkan mobil ini akan ada di jalanan kurang dari lima tahun lagi.

Artikel Selanjutnya
Unggah Foto Supercar, Mobil Baru Sule?
Artikel Selanjutnya
Pamer Mobil Mewah, Sule Diingatkan untuk Bayar Pajak