Sukses

Kia Picanto dan Rio Lakukan Uji Tabrak, Bagaimana Hasilnya?

Liputan6.com, London - Untuk tahun ini, proses uji tabrak mengalami serangkaian ubahan, dan semakin sulit bagi sebuah mobil untuk mendapatkan nilai yang baik. Para produsen bahkan memperbaiki cara memproduksi mobil, serta meningkatkan fitur keselamatan yang tidak terbayangkan selama 10 tahun lalu.

Namun, bagi Kia Picanto dan Rio terbaru, hal tersebut tidak cukup untuk mendapatkan nilai baik dari Euro NCAP. Bahkan, lembaga uji keselamatan ini hanya memberikan tiga bintang untuk uji tabrak dua model andalan pabrikan asal Korea Selatan ini.

Sebagai contoh, Kia Picanto 2017 hanya mendapatkan nilai 79 persen untuk perlindungan penumpang dewasa. Alasan utamanya, perlindungan dada pengemudi yang marjinal di uji tabrak depan, dan mengalami deselarasi yang tinggi sehingga perlindungan berkurang.

Sementara itu, untuk uji tumbukan atas, Kia Picanto dengan fitur autonomous braking system sudah memberikan perlindungan yang sangat baik. Namun, untuk pejalan kaki dirasa belum mendapatkan perlindungan yang baik.

Sedangkan untuk Kia Rio, terdapat potensi tekanan yang tidak memadai dari airbag di sisi pengemudi agar kepala tidak mengenai kantung udara. Kekurangan juga datang dari perlindungan whiplash yang marjinal untuk penumpang belakang.

Seperti halnya Rio, Picanto juga sangat mumpuni untuk sistem pengereman darurat otonom. Dan untuk perlindungan anak, ada indikasi masalah terhadap dummy (boneka) anak enam tahun yang saat tabrakan dengan kecepatan 64 km perjam, dada anak tersebut kemungkinan terluka.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Kia Picanto Garang

Di Frankfurt Motor Show, Kia, pabrikan Korea Selatan, akan memperkenalkan Picanto. Bukan sembarang Picanto, tentu. Picanto ini telah dimodifikasi sedemikian rupa.

Dengan nama Picanto X-Line, mobil ini tampil dengan wajah baru, meski masih berbasiskan pada model yang masih ada di pasaran sekarang, yaitu yang diperkenalkan di Geneva Motor Show, beberapa bulan lalu. Wajah baru ini membuat Picanto jadi lebih garang.

Desain lampu dan grill secara umum sama. Hanya saja, pada model baru ini terdapat aksen berwana hijau stabilo. Kemudian, jika pada varian lawas hanya ada grill atas (yang menyatu dengan headlamp) dan bawah, di model baru ini grillnya dibagi lagi jadi dua.

Aksen hijau juga ada di sekitar lampu kabut. Sementara bagian belakangnya tidak berbeda sama sekali. Sama persis dengan versi terkini.

Di balik kap, Picanto X-Line ini menggendong mesin bensin turbo 1,0 liter tiga silinder, yang hasilkan tenaga 100 Tk dan torsi 172 Nm. Ini adalah mesin baru.

Artikel Selanjutnya
Kia Picanto Versi Garang Meluncur Pekan Depan
Artikel Selanjutnya
Waduh, Mobil Ini Punya Dua Setir