Sukses

Honda Urban EV Concept, Tampang Lawas Tapi Berteknologi Canggih

Liputan6.com, Frankfurt - Memanfaatkan pameran otomotif berskala internasional, Frankfurt Motor Show 2017, Honda akhirnya memperkenalkan mobil konsep kecil bernama Urban EV Concept.

Urban EV Concept adalah hatchback bertenaga listrik murni dengan desain retro. Memang tidak disebut secara spesifik soal daya motor, tapi mobil ini sudah mengadopsi konsep bernama Power Manager Concept yang di atas kertas diklaim bisa menyimpan energi dengan lebih efisien.

Seperti terlihat pada gambar di atas, mobil ini tampil dengan desain yang cukup menarik, berkat kombinasi antara desain klasik dengan futuristik.

Lekukan-lekukan pada bodi mobil tidak terlalu banyak untuk menunjang tampilan retro. Belum lagi peleknya yang juga bernuansa retro.

Di bagian depan, karena tidak ada mesin, mobil ini minus grill. Namun tetap ada lampu utama berteknologi LED, serta emblem digital "H" di bagian tengah. Antara lampu utama dihubungkan dengan bidang hitam yang nampaknya bisa menampilkan informasi soal status baterai dan nama mobil.

Status baterai juga terdapat di side skirt bagian dekat ban belakang. Dengan begitu, pengendara bisa melihat apakah baterai perlu diisi ulang atau tidak sebelum melakukan perjalanan.

Bagian paling menarik adalah mobil ini ternyata siap diproduksi dalam beberapa tahun ke depan, meski dengan sedikit modifikasi. "Ini bukan visi masa depan yang jauh," terang CEO Honda, Takahiro Hachigo. "Versi produksinya akan ada di Eropa tahun 2019," tambahnya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Civic Type R

Sedikit beralih ke Honda Indonesia. Model terakhir yang mereka luncurkan adalah Civic Type R, di GIIAS 2017, Agustus kemarin. Model ini merupakan pemegang rekor mobil penggerak depan tercepat di Nurburgring, dengan catatan lap time 7 menit 43,8 detik.

Honda Civic Type R ini ditawarkan dengan banderol Rp 995 juta on the road (OTR) Jakarta, dan penambahan biaya Rp 2 juta untuk warna dasar berbahan metallic dan pearl.

Honda Civic Type R mengusung mesin berkapasitas 2,0 liter VTEC Turbo. Dengan mesin tersebut, mobil ini mampu memuntahkan daya hingga 305 Tk dan torsi 400 Nm.

Salah satu hal unik dari Honda Civic Type R model 2017 adalah adanya tiga pipa knalpot, di mana umumnya hanya ada satu dan dua. Beberapa orang menganggap ini berlebihan. Namun ternyata, hal tersebut bukan semata untuk estetika.

Rob Keough, Senior Product Planner Honda, mengatakan bahwa hal tersebut berkaitan dengan suara yang keluar. Ketika hanya pakai satu pipa, suara yang keluar tidak enak.

"Secara tradisional hanya dengan satu sistem pembuangan besar, suara akan banyak mendengung, meledak-ledak, tidak begitu nyaman saat melaju di jalan raya saat kecepatan tinggi. Karena itu, Honda pakai sistem tiga pipa," ujar Keough, kepada Road & Track.

Artikel Selanjutnya
Honda CR-V Hybrid Siap Mengaspal, Seberapa Canggih?
Artikel Selanjutnya
Galak Mana, Honda CB150R ExMotion atau CB150R StreetFire?