Sukses

MV Agusta Turismo Veloce, Definisi Baru Motor Touring

Liputan6.com, Varese - Turismo Veloce. Demikian nama motor baru milik MV Agusta, asal Italia. Dalam laman resmi mereka, motor ini dibuat untuk "mendefinisikan kembali gagasan tentang motor touring". Jadi apa yang spesial dari motor ini?

Apa yang menarik dari motor ini adalah meski bergenre touring, namun bentuk motornya masih meninggalkan kesan sport, segmen di mana MV Agusta memang ahlinya. Lihat saja bagian fairing depannya, atau knalpot garang tiga lubangnya itu.

Menurut laman Motorcycle, motor ini dibangun dengan basis F4 RC, motor supersport yang menggendong mesin 998 cc bertenaga 212 Tk dan torsi 115 Nm. Namun untuk motor adventure ini, mesin yang dipakai adalah mesin 3 silinder berukuran kompak.

Mesinnya sendiri disandingkan dengan transmisi enam percepatan baru yang bisa lebih cepat dan tepat dalam perpindahan gigi.

Di samping perubahan mekanis, ada pula penyempurnaan di bagian yang lain. Motor ini misalnya menggunakan platform elektronik MVICS 2.0 (Motor & Vehicle Integrated Control System), EAS 2.0 (Electronic Assisted Shift Up & Down), dan kontrol traksi.

Ada juga fitur Ride By Wire, yang bisa mengantisipasi respon berlebih konsumen ketika memelintir gas. Dengan ini, bukaan gas terkontrol dengan komputerisasi.

Perubahan Turismo Veloce secara umum juga mencakup fungsionalitas dan kosmetik atau penampilan. Pelek dan roda, misalnya, lebih ringan dan dengan desain yang menonjol. Sproket-nya berubah, sehingga menjanjikan karakteristik dan presisi berkendara yang mulus.

Kemudian, beberapa klaim lain adalah jok yang meningkatkan ergonomi dan kenyamanan jarak jauh, mesin yang lebih "kalem", serta peredam dan tensioner rantai sehingga bisa mengurangi kebisingan dari mesin dan transmisi secara signifikan.

Dengan garansi 24 bulan, motor ini dijual dengan harga mulai dari US $ 23.298 atau setara Rp 307,6 juta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Hamilton

Lewis Hamilton, pembalap papan atas di Formula 1, menandatangani kesepakatan untuk membantu merancang sepeda motor buatan MV Agusta.

Dilaporkan motorcycle-magazine.com, hubungan Hamilton dan MV Agusta memang sudah terjalin cukup lama. Keduanya sukses merancang motor Dragster RR LH44. Hamilton juga sempat bekerja sama dengan Castiglioni Research Department (CRC) untuk membuat mesin baru.

Bos MV Agusta, Giovanni Castiglioni, mengatakan bahwa awal mula kerja sama keduanya adalah saat beberapa tahun lalu Hamilton menghubungi customer care MV Agusta untuk minta dibuatkan motor khusus.

"Setelah mengembangkan motor untuk Lewis, kami mengubah semangat dengan kemitraan menciptakan Dragster RR LH yang sukses diproduksi 244 unit. Saya senang dan bangga melanjutkan kerja sama ini untuk melihat MV Aausta baru," terang Castiglioni.

MV Agusta Dragster RR LH44 akan diluncurkan bulan depan. Tidak dijelaskan berapa unit yang akan dibuat.

 

Artikel Selanjutnya
Galak Mana, Honda CB150R ExMotion atau CB150R StreetFire?
Artikel Selanjutnya
Motor Sport 250 Cc Terbaru Yamaha Dijual Rp 26 Jutaan