Sukses

Motor Retro Kawasaki Z900RS Meluncur Oktober

Liputan6.com, Tokyo - Kawasaki akhirnya dipastikan akan meluncurkan sepeda motor klasik-modern bernama Z900RS di Tokyo Motor Show, yang dihelat 25 Oktober nanti. Ini adalah motor yang berbasiskan pada sportbiker telanjang, Z900.

Jelang debut yang tinggai beberapa minggu laigi, pabrikan yang identik dengan warna hijau itu telah terlebih dulu melansir video penggoda (teaser) berdurasi 27 detik di Youtube.

"Unveiling of Kawasaki's #TrueSpirit Tokyo, 25-10-2017," demikian caption yang diberikan akun Kawasaki Motors. Videonya sendiri sampai saat ini baru dilihat 120an kali.

Tidak ada informasi lain yang dapat diperoleh melalui video singkat itu selain tanggal peluncuran dan sedikit penampakan motor. Soal teknis, misalnya, tidak dijelaskan sama sekali.

Namun menurut laman Visordown, motor ini seharusnya sama dengan Z900 yang mesinnya hasilkan tenaga 123 Tk. Sumber yang sama menyebut meski dilabeli "klasik", namun motor ini akan tetap mengadopsi beberapa aspek modern dari motor yang ada sekarang.

Untuk diketahui, beberapa pesaing Z900RS adalah Honda CB100 EX, BMW R nineT, Yamaha XSR900, dan Triumph Thruxton. Motor ini akan kompetitif kalau harganya pun bersaing dengan yang lain.

Simak Juga Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Kabar yang beredar

Kabar soal Kawasaki Z900RS ini sebetulnya telah berembus sejak dua tahun lalu. Ketika itu kabarnya motor ini akan diluncurkan di EICMA, Milan, November 2016.

Kemudian, Juli kemarin majalah Jepang, AutoBy, merilis edisi terbaru dengan headline Kawasaki Z900RS. "Scoop!" tulis mereka sebagai latar Z900RS yang digambarkan berwarna merah dan hijau. Di halaman yang sama mereka juga menulis angka 2018 sebagai tahun peluncuran produk.

Sebelumnya, dikabarkan motorcyclenews.com bahwa foto Z900RS yang beredar selama ini bukanlah gambar resmi, melainkan render yang berdasarkan pada informasi dari sumber internal. Disebutkan bahwa desainnya adalah reinkarnasi dari Kawasaki Z1 yang pernah eksis pada 1970-an.

Dari gambar itu, setidaknya dicirikan bahwa Z900RS punya tangki bahan bakar yang memanjang, jok yang menyatu antara penumpang dann pengendara, serta knalpot ganda. Terdapat unsur modern seperti suspensi upside-down, suspensi belakang monoshock, serta rem ABS.

Artikel Selanjutnya
Galak Mana, Honda CB150R ExMotion atau CB150R StreetFire?
Artikel Selanjutnya
Motor Sport 250 Cc Terbaru Yamaha Dijual Rp 26 Jutaan