Sukses

Kunci Pintar Suzuki GSX-R150 Hilang, Berapa Biaya Gantinya?

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu keunggulan Suzuki GSX-R150 dibanding para pesaing lainnya di kelas motor sport berkubikasi 150 cc, adalah penambahan fitur keyless ignition.

Dengan fitur ini, pemilik motor bisa dengan mudah menyalakan mesin motor, dengan dua komponen utama yaitu remote dan anak kunci.

Selain itu, fitur ini bahkan memiliki keunggulan lain, yaitu sebagai fitur 'anti maling'. Pasalnya, tanpa bantuan remote, meskipun anak kunci atau knop kunci sudah dibongkar, tetap saja sulit untuk menghidupkan Suzuki GSX-R150 tersebut.

Dijelaskan Dadan Danil, Technical Training Roda Dua PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), keberadaan remote memang sangat penting, dan jangan sampai jatuh atau hilang.

"Kalau remote hilang, jika si pemilik masih ingat PIN remote, bisa membeli remote-nya saja, sudah banyak tersedia di bengkel resmi Suzuki," jelas Dadan saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (13/9/2017).

Namun, jika si pemilik Suzuki GSX-R150 ini juga lupa nomor PIN kuncinya, maka harus membeli tiga spare part, yaitu controller, remote, dan ECM.

"Untuk harganya, tiga komponen tersebut sekitar Rp 1,7 jutaan. Sudah ada beberapa diler yang tersedia, karena memang banyak juga kasus kehilangan kunci ini," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:



1 dari 2 halaman

Anti Maling

Fungsi key-less ignition ini juga tidak mudah dibobol maling, pasalnya komponen ini memiliki sistem yang cukup rumit. Jadi, saat knob anak kunci ditekan, kunci baru bisa berputar untuk menghidupkan motor.

"Saat menekan knob kunci, seperti membuka slot di pintu. Jadi, kalau kunci sudah diputar dan dibuka paksa, tapi tidak ditekan ada komponen yang belum konek. Hal tersebut yang biasanya bikin frustasi maling," canda Dadan.

Artikel Selanjutnya
Pemesanan Kawasaki Ninja H2 Carbon 2018 Dibuka, Siapa Minat?
Artikel Selanjutnya
Suzuki GSX-R150 Buatan Indonesia Berlayar ke Negara ASEAN