Sukses

Akhirnya Honda Civic Punya Varian Diesel

Liputan6.com, Frankfurt - Honda memperluas pilihan mesin untuk konsumen Civic mereka. Kali ini pabrikan Jepang itu menambahkan varian diesel 1,6 liter. Ini adalah revisi dari mesin i-DTEC berkubikasi sama yang sudah eksis sebelumnya.

Varian mesin baru ini diperkenalkan di Frankfurt Motor Show, yang mulai dihelat Selasa (12/9) kemarin. Mobilnya sendiri baru mulai dijual Maret tahun depan.

Lantas bagaimana detail mesinnya itu sendiri? Menurut laman Autoexpress, dikutip Kamis (14/9/2017), mesin diesel ini telah diuji dengan standar WLTP (Worldwide harmonized Light vehicles Test Procedure), dengan hasil yang memuaskan.

Dari uji coba itu, diketahui bahwa Civic diesel ini mengonsumsi bahan bakar 32,3 km/liter.

Selain itu, dengan basis yang sudah direvisi cukup banyak, mesin ini cukup signifikan mengurangi gesekan. Selain mengurangi konsumsi bahan bakar, ini juga berimplikasi pada turunnya tingkat kebisingan dan getaran.

Di atas kertas, mesin ini mengeluarkan tenaga 119 Tk dan torsi 300 Nm. Untuk sampai pada kecepatan 100 km/jam, mobil ini memerlukan waktu 10,4 detik.

Perlu dicatat, meski ada penambahan varian mesin, namun di sektor lain tidak ada yang berubah. Dalam hal desain, mobil ini masih mempertahankan unsur sporty dan dinamis. Sayangnya belum diumumkan berapa harga Civic varian diesel ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Pernah Pecahkan Rekor

Honda Civic diesel punya catatan yang cukup manis. Pada generasinya yang ke-9 (sekarang Civic generasi ke-10), Civic diesel pernah mencatatkan diri sebagai mobil paling irit untuk kategori mobil di C-Segmen, langsung dinobatkan oleh Guinness World Records.

Fergal McGrath dan Julian Warren, pekerja Honda, sengaja mengelilingi 24 negara Uni Eropa demi memecahkan rekor pada 2015 lalu. Hasilnya, konsumsi BBM Civic diesel hanya 2,81 liter/100 kilometer. Sementara jarak yang ditempuh mencapai lebih dari 13 ribu km.

Mobil yang digunakannya sendiri adalah Civic Tourer, yang dilengkapi mesin 1,6 i-DTEC standar. Mesin ini yang kemudian diotak-atik dan dijadikan pilihan baru untuk Civic generasi 10.

Tidak ada perangkat tambahan yang dipakai selama proses pemecahan rekor. Hanya saja, mobil ini memang dilengkapi logbook yang fungsinya mencatat konsumsi bahan bakar secara otomatis, serta GPS untuk keperluan pencatatan jarak dan waktu tempuh.

Artikel Selanjutnya
Honda CR-V Hybrid Siap Mengaspal, Seberapa Canggih?
Artikel Selanjutnya
Galak Mana, Honda CB150R ExMotion atau CB150R StreetFire?