Sukses

Menantang Kakek-Kakek Naik Motor

Liputan6.com, London - Apa yang Anda rasakan kalau melihat kakek-kakek mengendarai motor sendiri? Takut dia jatuh, mungkin salah satu yang terpikir. Di satu sisi, bagaimanapun, mereka tetap punya hak untuk berkendara di jalan raya.

Sebuah film dokumenter dari jaringan televisi Inggris, ITV, dengan judul 100 Year Old Driving School, mencoba menangkap fenomena itu. Dengan latar uji coba berkendara, kakek-kakek ini ditantang untuk berkendara dengan serius di jalan umum.

Kakek-kakek ini sendiri semuanya yakin bahwa mereka punya pengalaman berkendara yang mumpuni. Mereka berusia antara 90 sampai yang paling tua 102 tahun.

Sementara uji coba sendiri diawasi oleh lembaga independen Royal Society for the Prevention of Accidents (Rospa). Motor yang dipakai adalah matik punya Yamaha.

Seorang kakek bernama John Errol, mengaku sama sekali tidak takut dengan tantangan ini. Ia memang punya latar belakang hidup yang cukup "keras". Ia adalah salah seorang veteran Perang Dunia II, juga mengaku sempat hampir mati tiga kali.

John bilang bahwa tidak ada yang ia takuti sama sekali, meski telah berusia lanjut.

Namun faktanya, John ternyata tidak terlalu piawai lagi dalam mengendarai motor. Ia melaju di lajur yang salah, dengan alasan bisa melihat kendaraan yang berlawanan lebih baik.

Beda lagi dengan Jock Stares. Ia dianggap sebagai peserta yang cukup berhasil. Jock, yang berusia 101 tahun, mengaku telah mengendarai motor setidaknya sejak usia 10. Dengan begitu, pengalamannya dalam berkendara sudah 90 tahun lebih.

Memang ada sedikit kesalahan, seperti misalnya lupa mematikan lampu sein dan berhenti tidak pada tempatnya. Akan tetapi, semua itu tidak membuat penilaian terhadapnya jadi negatif.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Hasil

Secara keseluruhan, hasil eksperimen ini menyimpulkan bahwa memang pengendara motor tua banyak yang sudah tidak layak berkendara sendirian. Selain soal teknis, banyak yang sudah tidak paham soal rambu-rambu lalu lintas.

Idealnya memang harus ada tes lagi sebelum mereka dianggap layak terus berkendara, Hal yang sayangnya tidak dilakukan.

Di Inggris, untuk mendapatkan surat mengemudi memang perlu ada tes praktik. Tapi mereka yang mengajukan berusia di atas 70 tahun, tidak secara otomatis akan dites. Malah lebih banyak yang diperpanjang begitu saja oleh otoritas terkait.

Film 100 Year Old Driving School sendiri akan terbagi ke dalam tiga bagian. Semua ditayangkan di jaringan ITV.