Sukses

Mau Bikin Parkir Susun Otomatis, Berapa Harganya?

Liputan6.com, Jakarta Parkir susun yang dioperasikan menggunakan komputer bisa menjadi solusi bagi wilayah kantor, apartemen, maupun pemukiman dengan lahan yang terbatas.

Salah satu penyedia parkir susun adalah PT Kyokuto Indomobil Distributor Indonesia, yang juga merupakan anak perusahaan Indomobil.

Menurut Justinus Ade Sanjaya, Sales Operation Manager PT Kyokuto Indomobil Distributor Indonesia, bahan-bahan yang digunakan untuk parkir susun otomatis didatangkan langsung dari Jepang.

“Jadi built-up, berupa modul-modul yang kemudian kita rangkai,” ucap Ade kepada Liputan6.com, Kamis (14/9/2017).

Ade menyatakan, parkir otomatis ini sangat efektif digunakan di wilayah dengan lahan minim, baik di sebuah perusahaan, apartemen, stasiun kereta maupun di perumahan.

Untuk membangun parkir susun otomatis memang dibutuhkan lahan yang cukup. Sedangkan lahan yang luas, maka hal itu juga akan lebih menguntungkan, daya tampung mobil lebih banyak.

“Kami bisa buat minimal empat tingkat dengan jumlah lima unit kendaraan. Tapi itu tergantung lahan,” ujar Ade.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

1 dari 2 halaman

Syarat dan Biaya

Meski dapat dikerjakan dimana saja, Ade tak menampik, pembangunan parkir susun otomatis ini harus memiliki beberapa syarat, yaitu lahan.

Jika lahan telah ada, tentunya yang wajib diperhitungkan adalah bentuk tanah. Sebab hal ini akan menentukan fondasi apa yang akan ditanam, karena berbeda tipe.

Terakhir, tentu saja pemilik harus lebih dahulu mempunya surat IMB yang diurus pemilik lahan.

Parkir susun otomatis juga bisa dilakukan oleh perorangan. Hanya saja hal itu akan memakan biaya tak sedikit. Sebab satu selot untuk mobil bisa menghabiskan dana hingga Rp 150 jutaan.

“Tapi itu sudah termasuk kontrak servis, seperti perbaikan peralatan rutin, mendapat pelumas, garansi dan cek eror,” ujarnya.

Harga parkir susun ini bisa lebih murah, jika pembuatan parkir susun dalam jumlah banyak.

Artikel Selanjutnya
Beli Mobil Rp 3 Miliar, Verrell Bramasta Janji Bayar Pajak
Artikel Selanjutnya
Bukan Hemat, Ini Tandanya Jika Anda Seorang yang Pelit