Sukses

Tata Prima Tantang Pemain Kelas Berat Truk Nasional

Liputan6.com, Bogor Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) memiliki senjata baru untuk bersaing di segmen kendaraan niaga pasar nasional lewat sosok dump truck Tata Prima 2528.K. Truk berspesifikasi heavy duty ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan angkutan di sektor infrastruktur ataupun pertambangan.

"Kebutuhan dump truk di Indonesia cukup besar dan permintaannya belum tercukupi makanya kami bermain di kelas ini," terang CV Marketing Manager TMDI, Wilda Bachtiar di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 lalu, dump truck yang didatangkan langsung dari India langsung menarik minat pelaku industri.

"Permintaan sudah lebih dari 60 unit. Permintaan dari Sumatera paling banyak, hampir 60 persen. Kebanyakan akan dipakai untuk tambang," katanya.

Lebih lanjut Bachtiar mengatakan, pihaknya memberikan layanan khusus untuk konsumen fleet dengan menyiapkan teknisi khusus untuk menyupervisi mekanik.

"Kami berikan layanan kepada konsumen fleet dengan menempatkan mekanik khusus (di tempat klien) selama 3 bulan untuk memberikan pelatihan kepada mekanik-mekanik dan itu free. Syaratnya untuk pembelian minimum 10 unit," katanya.

Sebagai informasi, Tata Prima 2528.K menggunakan mesin 6.700 cc yang dikawinkan transmisi manual 9 percepatan. Jantung mekanis tersebut menghasilkan tenaga 280 Tk dengan torsi 975 Nm.

Sekali angkut, truk pekerja keras ini mampu menampung muatan seberat 2,4 ton. Tidak cuma bisa dipakai di trek on road, truk ini juga memiliki kemampuan di medan off road.

Harga Tata Prima 2528.K tipe cabin chassis dibanderol Rp 802.391.147 off the road. Sementara tipe full karoseri dipatok Rp 992.500.000 on the road Jakarta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Truk Terbesar di Dunia

Truk terbesar yang terlihat ketika melewati dua bahu jalan ini terletak di Chile. Truk yang berjenis Caterpillar 797 sedang melintasi jalanan menuju tempat penambangan. Video yang diunggah melalui akun Gustavo Montenegoro di Youtube. Video yang berjudul 797B CAT Chile Antofasgafa ditonton lebih dari 427 ribu view.

Truk Caterpillar digunakan untuk penambangan. Salah satu truk terbesar ini memiliki muatan 360 ton. Truk ini mampu menempuh kecepatan 60 km/perjam. Selain itu, mesin truk caterpillar ini memiliki mesin dengan 24 silinder.

Truk ini dibanderol dengan harga Rp 100 miliar. Harga satu bannya seharga 420 juta rupiah. Harga tersebut sebanding dengan ukuran yang besar dan muatan yang banyak.

Artikel Selanjutnya
Susunan Pemain Indonesia Vs Fiji: Andik Langsung Turun
Artikel Selanjutnya
Gemilang di SEA Games, Satria Tama Dapat Panggilan Timnas Senior