Sukses

Suzuki Bangun Pabrik Baterai, Mau Fokus Bikin Mobil Listrik?

Liputan6.com, Gujarat - Suzuki nampaknya serius menghadapi gelombang elektrifikasi yang melanda industri otomotif dalam beberapa tahun ke belakang. Buktinya, mereka akan mendirikan pabrik baterai lithium-ion di Gujarat, India.

Bukan hal yang aneh India dipilih sebagai lokasi pabrik. Sejauh ini India adalah negara kontributor terbesar Suzuki. Mereka menguasai pangsa pasar di sana. India juga jadi basis ekspor beberapa model, termasuk ke Indonesia.

Dilaporkan Times of India, Suzuki akan membangun pabrik ini bersama dengan Denso dan Toshiba, dua perusahaan yang juga berasal dari Jepang. Total investasi mereka mencapai US$ 180 juta atau setara Rp 2,3 triliun.

Pembagian kerjanya, Toshiba akan bertanggung jawab membuat modul sel (cell module). Sementara teknologinya akan pakai punya Denso. Terakhir, Suzuki, akan menginstalasi itu pada kendaraan mereka.

Sayang tidak disebut apakah model yang dimaksud itu yang sudah eksis saat ini, ataukah benar-benar mobil listrik baru.

Harapan mereka, pabrik akan mulai berproduksi pada 2020. Mengingat India adalah basis ekspor, maka pabrik ini tentu akan berdampak secara global. Bisa jadi, misalnya, di tahun ini ada mobil listrik Suzuki yang di ekspor ke Indonesia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
TAU, Perusahaan Jepang Spesialis Mobil Rusak
Artikel Selanjutnya
Mungkinkah Mobil Terbakar Terpicu karena Masalah Aki?