Sukses

Deretan Truk Tambang dengan Mesin Super Besar, Dahsyat?

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai kendaraan operasional pertambangan, dump truck atau truk tambang pasti didesain dengan dimensi ekstra besar, dan daya angkut yang super banyak. Tidak hanya dimensi dan daya angkut, untuk urusan performa truk tambang pasti memiliki mesin raksasa.

Dengan mesin berkapasitas besar, pastinya memiliki tenaga super besar. Dengan begitu, truk ini sangat bisa diandalkan di berbagai medan, dan mampu membawa berbagai hasil tambang dengan jumlah besar karena torsi yang besar.

Nah, berikut deretan truk yang memiliki mesin yang sangat besar:

Liebherr T 282B

Untuk truk tambang dengan mesin besar pertama, yaitu Liebherr T 282B, yang dirancang pada 2004 oleh produsen Jerman. Truk ini memiliki berat 203 ton, dan dapat mengangkut 365 ton.

Untuk mesinnya, truk tambang ini dipersenjatai dengan unit V20 yang mampu mengembuskan daya hingga 3.650 TK. Namun, truk tambang ini hanya mampu berjalan 64 km per jam dengan beban maksimum.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Caterpillar 797

Truk tambang Caterpillar 797 merupakan kendaraan operasional yang digunakan PT Freeport Indonesia, dan dibuat pertama kali pada 1998. Model ini terus diperbarui sampai dengan saat ini, dan sudah memasuki generasi ketiga.

Untuk dimensinya, tinggi truk ketika terisi muatan lebih dari 7 meter, dengan panjang 14 meter. Sementara total penampang bannya mencapai 9,5 meter. Tidak heran pula kalau truk ini mampu menampung benda hingga berat 363 metrik ton per satu kali angkut.

Bagaimana dengan mesinnya? 797 The Cat, demikian truk raksasa ini lebih dikenal di dunia pertambangan, menggunakan mesin diesel raksasa 24 quad-turbo V24 yang hasilkan tenaga 3.793 Tk. Ketika terus menerus hidup, truk ini mengonsumsi solar sebanyak 250 liter per jam.



Belaz 75710

Truk tambang selanjutnya dengan mesin besar, hadir dari perusahaan asal Belarusia, dan mengklaim produknya sebagai truk terbesar di dunia. Belaz 75710 sanggup mengusung beban hingga 496 ton (setara bobot 450 metrik ton).

Untuk mesinnya, truk ini dipersenjatai dengan dua unit mesin diesel 16 silinder turbocharger, daya mesin kemudian disalurkan melalui transmisi elektromekanis.

Saatu mesin menyumbang sebesar 2.300 Tk, dengan total daya 4.600 Tk dan torsi maksimum sebesar 18.626 Nm. Namun, dengan mesin besar tersebut, truk ini hanya mampu meraih kecepatan maksimal 64 km/jam. dengan muatan penuh mencapai 893 ton.

Artikel Selanjutnya
Mobil-Mobil Mesin Kecil Berturbo, Tidak Kalah Kencang
Artikel Selanjutnya
Deretan Supermoto Terbaik di Dunia Saat Ini (Bagian 2)