Sukses

Balap Drone, Pulang Bawa Jaguar

Liputan6.com, Jakarta Jaguar tak mau kalah memanfaatkan drone untuk mempromosikan model XJL. Kali ini bukan untuk foto dari atas, tapi Jaguar XJL jadi bagian dari aral rintang balap drone.

Dua pilot profesional menerbangkan drone-nya melalui 13 aral rintang bentuknya menyerupai pintu belakang XLJ dan tiga rintangan melalui XLJ termasuk lewat kabin. Kecepatan drone melalui rintangan itu di atas 96 km/jam.

"Balapan seperti ini baru pertama kali sejak saya ikut dalam balap drone," ujar Brett Collis, pemenang lomba. "Ternyata dimensi pintu Jaguar XJL cukup memadai untuk dilewati dengan kecepatan tinggi."

Bila dibandingkan model XJ, tipe XJL memang punya jarak sumbu roda yang lebih panjang. Dimensi ini otomatis membuat ruang kaki penumpang belakang bertambah 12,7 cm. Sementara fiturnya juga berbeda. Jok belakang XJL bisa direbahkan dan ada fasilitas pijatnya. Ruang kepala juga bertambah. Suspensi belakang juga ada penyesuaian seting untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

"Kualitas dan kenyamanan selalu dikedepankan," jelas bos desain Jaguar, Ian Callum seperti dikutip dari Carscoops (19/9). "Balap drone cuma salah satu cara menyenangkan dalam menggambarkan interior yang lapang."

Di akhir lomba, pilot yang kalah harus turun dari Jaguar XJR575. Pemenang langsung pulang bersama mobil bermesin V8 5 liter dengan supercharger yang memproduksi 567 Tk.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Jaguar E-Pace Pecahkan Rekor Barrel Roll Terjauh di Dunia

Pabrikan mobil memiliki strategi tersendiri untuk memperkenalkan produk terbarunya ke dunia. Salah satunya dengan mencetak rekor baru  Guinness World Records dengan melakukan aksi barrel roll mobil terjauh di dunia menggunakan Jaguar E-Pace.  

Dilansir Carscoops, Jumat (14/7/2017), "adik" dari F-Pace tersebut dikemudikan Terry Grant, stunt driver profesional. Bertempat di pameran ExCel, London, E-Pace melakukan barrel roll sejauh 15,3 meter dengan putaran 270 derajat.

E-Pace nantinya akan ditawarkan dengan beragam pilihan mesin.  Seperti dua mesin bensin berkapasitas 2,0 liter yang sanggup memuntahkan tenaga 245 Tk dengan torsi puncak 365 Nm, dan 295 Tk dengan torsi puncak 400 Nm.

Untuk Diesel tersedia dengan tiga opsi, Diesel entry level menghasilkan tenaga 147 Tk dengan torsi 380 Nm, lalu opsi menengah 177 Tk dengan torsi 430 Nm, dan tertinggi bertenaga 236 Tk dengan torsi 500 Nm. Tenaga dari mesin akan disalurkan melalui transmisi otomatis 9-percepatan atau manual 6-percepatan. Konsumen juga dapat memilih sistem penggerak roda belakang atau all-wheel drive.

Dari segi keselamatan, E-Pace dilengkapi Adaptive Speed Limiter, Lane Keep Assist, Traffic Sign Recognition, dan sistem Emergency Braking dengan pelindung pejalan kaki. E-Pace juga akan dilengkapi Forward Traffic Detection yang memperingatkan pengemudi jika akan bersinggungan dengan kendaraan lain di perempatan. Di UK, E-Pace dibanderol mulai dari £ 28.500 atau setara Rp 492 juta.

Artikel Selanjutnya
Sakit Hati, Mantan Tentara Touring Keliling Dunia