Sukses

Banyak Serbuk Putih di Kepala Aki, Ini Cara Menghilangkannya

Liputan6.com, Jakarta - Jika pernah melihat aki basah dengan serbuk berwarna putih bahkan agak kehijau-hijuan, maka janganlah menganggap itu hal biasa.

Sebab, serbuk tersebut yang menempel di bagian terminal atau kutub itu merupakan salah satu sumber penyakit pada bagian kelistrikan.

Menurut Service Manager Plaza Toyota, Parman Suanda, jika dibiarkan menggumpal, maka serbuk putih terserbut akan menjadi penghambat listrik ke bagian lainnya, termasuk saat menyalakan mobil.

“Jadi kadang ada starter susah dilakukan, tapi itu bukan berarti karena aki jelek, tapi karena serbuk putih terlalu banyak, jadi arus penghantar terhambat,” ungkap Parman kepada Liputan6.com, Selasa (19/9/2017).

Parman menyatakan, serbuk putih pada aki tersebut pada dasarnya berasal dari cairan aki yang menguap.

Permasalahan ini bisa saja terjadi lantaran adanya kebocoran atau retakan antara timah kepala aki atau plastik rumah aki itu sendiri.

Jika ini terlalu lama dibiarkan, tidak menutup kemungkinan performa dari komponen aki akan menurun. Selain itu, bagian logam yang tertimbun aki akan membuat korosi.

Tentu saja jika sudah korosi, maka akan sulit untuk membuka atau mengencangkannya kembali.

1 dari 2 halaman

Cara Membersihkan Aki dari Serbuk Putih

Jika aki Anda terdapat serbuk putih, tentu hal yang harus dilakukan adalah membersihkannya. Namun tahukah Anda bagaimana cara membersihkannya?

Salah satu cara ampuh yang bisa dilakukan adalah mencopot kedua kabel dari kedua kutubnya dengan alat atau kunci yang pas.

Jika telah terlepass, siram beberapa kali bagian serbuk putih dengan air panas, hingga rontok. Selain air panas, ada juga disarankan untuk menaburinya dengan baking soda ataupun air soda tepat di bagian serbuk putih.

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah melap bagian yang telah disiram hingga kering, kemudian berikan grease atau gemuk pada kutubnya.

Artikel Selanjutnya
5 Ide Brilian Manfaatkan Teh Celup Bekas
Artikel Selanjutnya
Tomat dan Putih Telur Mampu Bikin Kulit Lebih Cerah