Sukses

Kapan Waktu yang Tepat untuk Tukar Tambah Mobil?

Liputan6.com, Jakarta - Untuk Anda yang berniat menjual mobil, dan mengganti dengan mobil baru alias tukar tambah memang harus memikirkan waktu yang tepat. Hal tersebut, agar mobil bekas Anda masih mendapatkan harga yang tinggi, atau setidaknya harga jualnya tidak terlalu jauh.

Pilihan untuk menjual ke diler mobil bekas (mobkas), dan menukar dengan mobil baru di diler memang pilihan yang paling sederhana, namun ada beberapa tips agar Anda tidak kehilangan waktu yang tepat untuk menjual mobil Anda.

Nah, berikut tips waktu yang tepat untuk tukar tambah mobil yang disitat dari doityourself:

1) Jual Sebelum 80.000 Km

Seperti diketahui, nilai mobil bakal terus mengalami depresiasi setelah resmi dibeli. Biasanya, setelah tahun pertama, nilai jual mobil akan turun 25 persen.

Jadi, ketika berniat menjual mobil, sebaiknya jangan menjual mobil ketika catatan odometer menunjukkan angka lebih dari 50 ribu mil atau 80 ribu km. Dengan begitu, nilai jual kembali mobil bekas Anda masih lebih baik.

2) Cari Informasi Harga

Ketika hendak menjual mobil, pastikan periksa nilai jual mobil, baik melalui internet atau diler mobil bekas. Dengan begitu, Anda memiliki patokan harga yang memang paling pas untuk mobil yang ingin dijual.

Hal tersebut berlaku untuk mobil yang hendak dibeli, baik itu mobil bekas maupun mobil baru. Usahakan, Anda mengetahui harga dari mobil baru atau bekas yang jadi incaran Anda, agar tidak dipermainkan oleh para pedagang nakal, terlebih saat membeli mobil bekas.

3) Tenor

Ketika Anda mengambil mobil secara kredit, pertimbangkan berapa tenor yang akan diambil. Hal tersebut cukup penting, karena saat Anda tidak memiliki banyak kekurangan pembayaran mobil, ini bisa jadi waktu yang tepat untuk Anda jual mobil.

Mobil yang Anda jual bisa menjadi DP agar sisa pembayaran kredit tidak memberatkan cashflow Anda. Jangan lupa, cicil mobil yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda agar tidak memberatkan di kemudian hari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

4) Saat Mobil Sudah Tua

Ketika mobil yang dipakai lebih dari 80 ribu km, biasanya akan lebih repot dalam hal perbaikan. Jadi, ketika mobil sudah berada di usia tersebut, langkah yang tepat, ya dengan menjualnya, dan mendapatkan mobil baru dengan usia yang lebih muda.

5) Akhir Tahun

Terakhir, saat yang tepat untuk melakukan tukar tambah mobil yaitu sebelum mobil baru keluar. Biasanya, diler akan cuci gudang, dan menawarkan diskon yang besar sebelum mobil baru datang.

Jadi, Anda akan memiliki kesempatan tawar menawar mobil yang lebih bagus, karena diler pasti mau tidak mau harus menghabiskan stok mobil lawas.

Artikel Selanjutnya
Tujuh Cara Jitu Menjual Mobil Bekas Secara Online
Artikel Selanjutnya
Sang Presiden Penggila Mobil Listrik