Sukses

Tak Perlu Anak Kunci Lagi, Smartphone Bisa Atur Semua

Liputan6.com, Stuttgart - Perusahaan penyedia teknologi otomotif terkemuka, Bosch, akhirnya menciptakan sistem yang mampu mengubah smartphone menjadi kunci mobil. Fitur yang bernama Perfectly Keyless ini, memungkinkan pemilik mobil menggunakan smartphone-nya untuk membuka pintu atau menyalakan mesin.

Untuk menggunakan fitur ini, pengemudi tinggal mengunduh aplikasi di smartphone, dan menghubungkan mobilnya dengan dengan aplikasi tersebut. Setelah itu, smartphone memberikan kunci keamanan sekali pakai yang sesuai dengan pengunci digital dari masing-masing kendaraan.

Jadi, ketika pengemudi mendekati mobilnya, sensor pada kendaraan akan mengenali smartphone mereka. "Begitu identifikasi berhasil, mobil akan langsung terbuka tanpa perlu menggunakan kunci fisik. Kunci fisik juga tidak dibutuhkan untuk menghidupkan mesin atau mengunci pintu mobil di akhir perjalanan,” jelas Harald Kröger, Presiden Divisi Bosch Automotive Electronics.

Perfectly Keyless menggunakan koneksi nirkabel ke sensor yang terdapat di mobil untuk mengetahui seberapa jauh smartphone berada, dan mengidentifikasi kunci keamanan.

Begitu jarak antara pengemudi dan kendaraan kurang dari dua meter, pintu mobil langsung terbuka. Selain itu, jika Perfectly Keyless mendeteksi keberadaan smartphone di dalam mobil, sebuah sentuhan pada tombol start-stop saja, sudah dapat langsung menghidupkan mesin.

Saat pengemudi keluar dari mobil di akhir perjalanan, sistem terus mengawasi keberadaan ponsel secara virtual. Ketika pengemudi dan ponselnya sudah beranjak dua meter lebih dari kendaraan, secara otomatis mobil akan terkunci, dan sistem kemudian mengirimkan pemberitahuan ke smartphone pengemudi.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

 

1 dari 2 halaman

Bisa Dipakai Orang Lain

Perfectly Keyless juga memungkinkan pemilik untuk membuat mobilnya bisa dikendarai orang lain, seperti anggota keluarga atau teman, tanpa perlu menyerahkan kunci fisik secara langsung.

Sistem ini menghasilkan kunci keamanan individu lanjutan, dan mengirimkannya melalui Cloud ke smartphone agar sistem pengaturan dapat dipersonalisasi oleh masing-masing pengguna.

Sistem Perfectly Keyless juga bisa dipakai untuk seluruh armada kendaraan, jadi sistem ini cocok sekali untuk pengusaha jasa penyewaan mobil.

Artikel Selanjutnya
Meski Mampu, Perlukah Borong Barang Bermerek?
Artikel Selanjutnya
Moms, Mau Resign dan Jadi Pengusaha? Miliki 6 Hal Ini Dulu