Sukses

Mau Restorasi Vespa dan Lambretta, Berapa Biayanya?

Liputan6.com, Jakarta Skuter paling terkenal di dunia, Vespa dan Lambretta hingga saat ini masih banyak penggemarnya di Indonesia. Bahkan, untuk harga satu unit skuter asal Italia ini sudah sangat tinggi, dan jadi buruan pecinta atau kolektor Vespa.

Tidak jarang pula pemilik Vespa yang mendapatkan skuter tersebut dari warisan keluarga atau orangtua, serta berburu ke daerah untuk meminang Vespa tua atau klasik. Nah, namanya warisan atau motor tua biasanya kondisinya tidak terlalu baik, bahkan mesinnya tidak hidup sama sekali.

Kalau sudah begitu, mau tidak mau pemilik Vespa harus melakukan restorasi atau mengembalikan motor sesuai kondisi aslinya, Lalu, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk merestorasi Vespa?

Dijelaskan Leo Nurichson, penggawa Lambro Workshop, untuk biaya atau budget merestorasi Vespa atau Lambretta tergantung kondisi, dan juga tahun keluaran Vespa atau Lambretta tersebut.

"Biasanya, kalau Vespa tahun 1950-an biaya restorasinya lebih mahal dibanding Vespa tahun 1960 sampai 1970-an. Biasanya, kalau untuk bodi seperti pengecetan dan perbaikan bodi sampai mulus Rp 6 sampai Rp 7 jutaan. Itu di luar kelengkapan," jelas pria yang bengkelnya beralamat di Jalan H Mencong, Nomor 31, Ciledug, Tangerang, Rabu (20/9/2017).

Lanjut pria yang akrab disapa Coki ini, untuk biaya pemasangan kelengkapan atau aksesori, seperti karet bodi, lampu, dan lain-lain tergantung merek yang dipilih. "Kalau untuk full restorasi, mulai dari bodi, aksesori, dan mesin bisa Rp 15 jutaan," tambahnya.

Untuk pengerjaan restorasi, customer yang sudah setuju dengan konsep dan budget, biasanya harus membayarkan down payment atau DP minimal 50 persen. "Pengerjaannya paling lama dua bulan, nanti setiap progress pengerjaan pasti kita informasikan ke pemilik motor," tegasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

1 dari 2 halaman

Sedia Bahan

Selain melakukan restorasi, Lambro Workshop juga menyediakan bahan restorasi. Artinya, bagi customer yang memang tidak sempat atau belum mendapatkan bahan (Vespa atau Lambretta) restorasi, bisa disediakan unitnya.

"Kalau untuk harga unit tergantung, misalkan Vespa tahun 1960-an Rp 15 juta. Tapi untuk Vespa tahun 1950-an sudah susah, dan kalau ada harganya tinggi bisa Rp 80 sampai Rp 100 juta," terangnya.

Sementara untuk Lambretta, tergantung tipe dan tahun juga. Contohnya, untuk Lambretta dengan mesin 150 cc, untuk harga bahannya saja bisa mencapai Rp 80 sampai Rp 100 jutaan. "Kalau untuk bahan Lambretta yang di bawah Rp 50 juta, biasanya mesin 125 cc," pungkasnya.

Artikel Selanjutnya
Bukan Hemat, Ini Tandanya Jika Anda Seorang yang Pelit
Artikel Selanjutnya
Ketika Jhody 'Super Bejo' Berbicara Pembatasan Sepeda Motor