Sukses

Nasib Mujur Gadis Miskin Setelah Menggores Mobil Mewah

Liputan6.com, Yunnan - Seorang gadis miskin asal Yunnan, China, bernama Zhang Youqin kini menjadi viral di negeri Tirai Bambu lantaran memiliki sifat jujur.

Wanita berusia 18 tahun tersebut diketahui baru mendaftar sebagai mahasiswa baru di salah satu perguruan tinggi di Cina. Ia mencoba menyisihkan uang dengan cara pergi ke sebuah bank untuk ditabung.

Saat di parkiran, Zhang yang mengendarai sebuah skuter, tak sengaja menggores mobil mewah Lexus ES 350 seharga 700 ribu yuan atau Rp 1,4 miliar. Demikian dilansir Newsportal.com, Senin (25/9/2017).

Jika melihat kondisi seperti ini, biasanya sejumlah orang akan melakukan sikap pura-pura tidak tahu dan memilih kabur.

Akan tetapi, hal itu berbeda dengan Zhang. Sebaliknya, dia justru menunggu sang empunya di bawah terik sinar matahari dekat mobil tersebut.

Hingga akhirnya selama satu jam menunggu, Zhang bertemu sang pemilik. Dengan wajah menunduk ketakutan, dia pun meminta maaf.

“Paman, apa Anda pemilik mobil ini? Aku sangat menyesal tentang hal ini, tanpa sengaja menggores mobilmu dengan skuterku, aku sudah menunggumu,” kata Zhang mengawali pembicaraan.

Namun apa yang terjadi, ternyata sang pemilik tidak memarahi Zhang atau meminta tanggung jawab.

Sebaliknya, sang pemilik yang diketahui bermarga Zang merasa tersentuh karena masih ada seseorang seperti Zhang yang jujur dan berani bertanggung jawab atas kesalahannya.

"Saya penasaran melihat seorang gadis berdiri di samping mobil saya. Dia tampak panik dan takut saat pertama kali melihatnya. Ketika saya tahu bahwa dia menunggu di bawah terik matahari selama sejam, saya sangat tersentuh. Saya katakan padanya bahwa tidak ada kompensasi yang dibutuhkan, " kata sang pemilik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Hadiah atas Kejujuran

Hingga akhirnya Zhang menangis dan berterima kasih. Zhang mengatakan bahwa dirinya tak bisa mengganti atau memperbaiki goresan mobil.

Bahkan untuk membiayai kuliah sebesar 8000 Yuan atau Rp 16 juta, uang tersebut didapat dari pinjaman bank. Dari situlah semua obrolan berlangsung dari A-Z.

Ternyata, Zhang sendiri merupakan seorang pekerja di salah satu perusahaan properti. Cerita insiden kecelakaan Zang ini akhirnya terdengar hingga ke telinga sang bos.

Seketika itu pula, bos Zhang ikut terkagum, dan tanpa pikir panjang memberikan hadiah spesial untuk gadis jujur tersebut, yaitu membiayai selama empat tahun di perguruan tinggi yang dia pilih.

Selain itu, Zhang juga akan ditawarkan pekerjaan di perusahaannya jika telah lulus nanti.

Adapun setelah diperiksa, biaya perbaikan mobil tersebut sekitar 2.000 yuan atau Rp 4 juta.

Artikel Selanjutnya
Sambil Berdiri, Wanita China Melahirkan Lalu Melenggang Pulang