Sukses

Mengenal Gasket Lebih Dekat, Apa Saja Permasalahannya?

Liputan6.com, Jakarta Gasket memiliki peranan penting dalam sebuah rangkaian mesin. Fungsi utama dari gasket adalah penyekat antara dua bidang yang serasi. Mengapa menggunakan gasket? Tujuannya untuk mencegah kebocoran dari dua objek tersebut, meskipun ada tekanan tinggi dari dalam.

Gasket pun ada bermacam-macam, salah satunya yang sedang populer saat ini adalah head gasket yang diduga menyebabkan kebocoran pada mesin CBR250RR di Depok.

Head gasket berada di antara blok mesin dan kepala silinder pada sebuah mesin pembakaran internal. Tujuan utama dari head gasket adalah mempertahankan kompresi di dalam ruang pembakaran sekaligus mencegah kebocoran oli maupun cairan pendingin masuk ke dalam ruang pembakaran.

Bagaimana jika gasket bermasalah? Risikonya adalah berkurangnya kompresi pada mesin, yang menyebabkan tenaga berkurang drastis.

Apa saja yang menyebabkan permasalahan pada head gasket? Dikutip mobiloil.com, setidaknya ada dua poin yang menyebabkan kerusakan pada head gasket.

Mesin yang terlampau panas dapat menyebabkan metal memuai. Akibatnya, head gasket tertimpa hingga melewati titik batasnya. Penyebab lainnya adalah pembakaran yang tidak tepat pada waktunya.

Pembakaran ideal terjadi saat kepala piston berada di puncak, dan katup intake maupun exhaust tertutup. Pembakaran yang tidak tepat waktunya memberikan beban ekstra pada katup, piston, dan head gasket. Mesin yang overheat dapat meningkatkan kemungkinan pembakaran yang tidak sempurna, sehingga menimbulkan suara 'knocking' atau 'ngelitik'.

Gasket tidak saja ada di mesin motor tapi juga dipakai pada mesin mobil dengan prinsip kerja yang sama. "Performanya berkurang seiring bertambahnya usia ataupun pemasangan baut silinder head tidak tepat alias longgar," ungkap Dolf, Kepala Bengkel Daihatsu Pangeran Jayakarta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

1 dari 2 halaman

Empat Pertanda Head Gasket Bermasalah

Sebelum kendaraan kesayangan Anda rusak akibat head gasket, setidaknya ada empat tanda yang bisa Anda kenali sebelum hal tersebut terjadi. Dilansir dari auto.howstuffworks.com, inilah empat pertanda head gasket bermasalah.

1. Perhatikan suhu kendaraan Anda, jika terlalu sering overheat dan tenaganya hilang. Ini menjadi gejala awal head gasket bermasalah.

2. Periksa tingkatan cairan pendingin pada radiator. Jika terlalu sering berkurang, segera periksa head gasketnya.

3. Lihat olinya. Jika oli tercampur dengan cairan radiator, ini menandakan adanya kebocoran di ruang pembakaran.

4. Jika kendaraan Anda mengeluarkan asap berwarna putih, ini menjadi salah satu pertanda rusaknya head gasket Anda.

Artikel Selanjutnya
Ditinggal Nikah Mantan, Haruskah Langsung Cari Pengganti?
Artikel Selanjutnya
Soal Jodoh, Begini Kata Prilly Latuconsina