Sukses

Esemka Digdaya Comot Desain Pikap Tiongkok?

Liputan6.com, Jakarta - Setelah lama tidak terdengar namanya, kini merek mobil yang digadang-gadang bakal menjadi mobil nasional, Esemka kembali muncul ke permukaan. Kali ini, foto kabin ganda Esemka Digdaya beredar luas di dunia maya.

Foto-foto lengkap model berwujud kabin ganda ini diunggah oleh pemilik akun facebook Anindya Tejo Martoyo. Dalam beberapa seri foto yang dunggah, memperlihatkan dengan jelas Esemka Digdaya mulai dari tampak depan, samping, dan belakang.

Sebelumnya, Foto Esemka Digdaya ini juga sudah dipublikasikan oleh seorang warganet, bernama Didik Wahyudhi. Untuk penampakannya, Esemka Digdaya terlihat dari belakang dengan emblem Esemka Digdaya dan plat nomor AD warna putih, yang berarti mobil ini berasal dari Solo dan tengah diuji coba.

Jika dilihat dari bentuknya, Esemka Digdaya ini memiliki dimensi yang cukup gagah, dan sepertinya bisa berbicara banyak jika harus disandingkan dengan pemain kabin ganda yang sudah terlebih dahulu eksis, seperti Toyota Hilux, Nissan Navara, atau Mitsubishi Strada Triton.

Untuk bagian depan, Esemka Digdaya ini terlihat sporty, dengan grill yang cukup lebar, dengan lampu utama yang sipit, dan foglamp. Sedangkan untuk bagian samping, terdapat garis tegas menuju hingga lampu belakang.

"Yang lagi wira-wiri di timeline-ku. Esemka Digdaya, katanya 2000cc Rp 120 juta," tulis sang pemilik akun sebagai caption, seperti dilihat Liputan6.com, Senin (25/9).

Sementara itu, hingga berita ini dibuat, Liputan6.com masih berusaha untuk menghubungi pihak PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), perusahaan gabungan antara PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) dan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), sebagai produsen mobil Esemka.

Namun, pihak ACEH sendiri masih belum memberikan keterangan terkait Esemka Digdaya tersebut, ataupun menjawab pesan elektronik yang dikirim Liputan6.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Foday F22

Dari segi tampilan, Esemka Digdaya dicurigai menjiplak model kabin ganda asal Tiongkok, Foday F22. Bahkan, banyak warganet yang berpendapat, jika mobil ini hanya me-rebadge truk kabin ganda asal Negeri Tirai Bambu tersebut.

Jika dilihat wujud Foday F22, memang terlihat sama persis dengan Esemka Digdaya, mulai dari bagian muka, samping, dan buritan. Nah, jika dilihat dari situs resmi Guangdong Foday Automobile, sebagai produsen Foday F22, truk kabin ganda ini dipersenjatai dengan mesin bensin dan diesel.

Untuk mesin bensin, menggunakan unit berkapasitas 2.378cc yang mampu menghasilkan daya hingga 134,1 Tk pada 5.240 rpm, dengan torsi maksimum sebesar 200 Nm pada 2.500 sampai 3.000 rpm.

Sedangkan untuk mesin diesel, menggunakan unit berkapasitas 1.850cc dengan semburan daya hingga 134,1 Tk pada 5.250 rpm, dengan torsi maksimum sebesar 300 Nm pada 1.800 sampai 2.800 rpm.

Artikel Selanjutnya
Honda CR-V Hybrid Siap Mengaspal, Seberapa Canggih?
Artikel Selanjutnya
Bocoran Model Baru Mobil Listrik Honda