Sukses

Unik, Ford Patenkan Meja Makan di Mobilnya

Mobil nirawak memungkinkan desain unik pada interior. Salah satu yang paling unik adalah penyematan meja bundar di dalam interior.

Liputan6.com, Jakarta Teknologi kendaraan nirawak yang sedang berkembang saat ini dipastikan mengubah gaya hidup berkendara. Salah satu yang paling unik adalah penyematan meja bundar di dalam interior.

Ford mematenkan desain ini di U.S. Patent & Trademark Office. Desainnya terbilang unik, karena mengubah posisi duduk tradisional pada sebuah mobil yang biasanya menghadap ke depan. Ford mengklaim meja bundar ini jika tidak digunakan dapat melipat ke bawah lantai, dikutip dari Carscoops.

Meskipun terlampau nyeleneh, desain ini sangatlah mungkin untuk diterapkan pada kendaraan listrik. Karena kendaraan listrik tidak membutuhkan lorong transmisi yang biasanya terletak di bawah dek mobil. Ford juga dapat menerapkan desain tersebut dengan mengoptimalkan ruang kaki serta kepala agar tetap nyaman selama perjalanan.

Menariknya, meja tersebut dilengkapi dengan sistem airbag. Saat terjadi benturan, penumpang akan terlindungi saat menghantam meja.

Hanya saja, diperlukan studi lebih mendalam mengenai efek benturan bagi penumpang yang duduk menyamping maupun menghadap ke belakang. Itu jika Ford benar-benar ingin mewujudkan konsep interior yang nyeleneh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengungkap Misteri di Balik Mobil Hantu Ford

Masih ingat dengan peristiwa orang menyamar menjadi kursi dan berkeliling dengan mobil Ford Transit Connect di Arlington, Virginia? Ya, kejadian tersebut diungkap oleh seorang warga yang memergoki dan diunggah ke sosial media.

Cerita tersebut tidak berakhir sampai di situ saja, karena kali ini Ford mengkonfirmasi sedang melakukan pengujian untuk mengkomunikasikan "bagaimana reaksi masyarakat jika mobil nirawak digunakan di jalan umum."

Dikutip dari Carscoops, Ford mengatakan jika pada kendaraaan biasa, pengemudi dapat berkomunikasi melalui anggukan atau melambaikan tangan, yang menandakan pejalan kaki dapat menyeberang. Kendaraan nirawak akan menghilangkan komunikasi sederhana macam itu.

Ford sedang mempersiapkam beragam bentuk komunikasi, tapi ide seperti simbol maupun tulisan ditolak dengan berbagai alasan. Ford memutuskan untuk menggunakan kode lampu, karena lebih mudah dipahami.

Untuk menguji pola komunikasi ini, Ford Transit Connect dilengkapi lampu khusus. Kostum jok disiapkan oleh Virginia Tech Transportation Institute agar orang melihatnya sebagai mobil nirawak.

Lampu putih menyala menandakan mobil sedang berada dalam mode nirawak, sedangkan lampu berkelip menandakan mobil sedang berakselerasi dari posisi diam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.