Sukses

Lima Pertanda Mobil Mulai Loyo

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para petrol head, memiliki dan menikmati mobil merupakan sebuah ritual yang menyenangkan. Namun, kebahagiaan tersebut bisa saja sirna dalam sekejap, terutama saat Anda mulai merasakan mobil kehilangan performa yang seharusnya ada dalam setiap putaran mesin.

Sebelum semua potensi tenaga mesin sirna, Anda bisa mengenali lima gejala mesin mobil Anda melemah. Berikut pertanda mesin mobil melemah, dilansir dari auto.howstuffworks.com.

1. Bahan Bakar Tersumbat

Saat Anda menginjak pedal gas sedalam mungkin, namun mobil masih terasa lambat. Bisa saja masalah tersebut akibat tidak optimalnya pasokan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran. Bisa saja injektor mampat, ada kebocoran di saluran, atau fuel pump mulai melemah.

2. Knalpot Mengeluarkan Asap

Knalpot yang berletup-letup atau berasap menunjukkan terlalu banyak campuran bahan bakar, atau percikan busi terlalu lemah, keduanya menjadi indikasi tenaga mesin melemah.

Letupan api pada knalpot menunjukkan banyaknya sisa campuran udara dan bahan bakar yang tidak terbakar di dalam ruang pembakaran, sehingga terbakar di ujung knalpot. Jika Anda merasa performa mobil menurun akibat ini, saatnya untuk memeriksakan ke bengkel langganan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

1 dari 2 halaman

3. Mobil Bergetar

Saat berhenti menunggu lampu merah, apakah Anda merasakan getaran mobil lebih keras dari biasanya? Jika Anda merasakannya, dan mobil terasa tidak normal, bisa jadi mesin mobil Anda pincang. Banyak hal yang menyebabkan mesin mobil pincang, mulai dari matinya busi, hilangnya kompresi, atau bahkan bocornya head gasket.

4. Kotornya Filter Udara

Sama halnya seperti manusia, mesin membutuhkan udara segar untuk melakukan pembakaran. Semakin kotornya filter udara, artinya semakin sulit mesin mendapatkan pasokan udara segar, terlebih lagi jika kotoran sudah memenuhi filter sehingga mesin sulit bernapas. Untuk memeriksa filter udara tidaklah sulit, Anda bisa melakukannya sendiri dengan membaca buku manual.

5. Cek Panel Instrumen

Simbol check engine menyala di panel instrumen menjadi tanda pertama mobil Anda bermasalah. Menyalanya simbol ini menandakan adanya masalah pada mobil Anda, seperti catalytic converter, sensor oksigen, dan masalah berpotensial lainnya. Pastikan Anda datang ke bengkel terpercaya untuk mengatasi masalah yang satu ini.

Artikel Selanjutnya
Cerita Mencekam Kisah Kijang Jadul Menjelajahi 3 Negara
Artikel Selanjutnya
Dijegal Honda, Ada Apa dengan Toyota?