Sukses

Menganggur 3 Hari, Honda Vario Tidak Bisa Dinyalakan

Motor saya vario 150, saya pengguna motor aktif, pagi hingga malam motor selalu berjalan, dr pembelian awal belum ada masalah, masalah datang pada saat motor tidak terpakai dalam waktu 3 hari, vario 150 saya tidak bisa di nyalakan, mencoba menyalakan lewat double starterpun tidak bisa, double stater juga keras dan tidak mau kembali ke semula. Lampu, spedometer semua berjalan normal, termasuk suara denging saat kunci di posisi on. Mohon pencerahan. --Chandra Hasan-- Surabaya

Liputan6.com, Jakarta Dear Mas Candra,

dalam kondisi normal seharusnya sepeda motor Honda (smH) Vario anda bisa dihidupkan walaupun beberapa hari tidak terpakai. Jika kenyataannya dalam 3 hari tidak terpakai saja, smH Vario 150 anda tidak bisa dihidupkan, maka ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan hal ini terjadi dan perlu dilakukan pengecekan antara lain:

1. Cek Sistem Kelistrikan (jika sistem kelistrikan tidak normal bisa mengakibatkan smH tidak dapat dihidupkan). Kemudian cek ketegangan baterai sesuai dengan voltase standar atau tidak. Dan pastikan juga kompoen sistem kelistrikan yang lainya seperti: koil, spul, wire harness dari rangkaian terbuka dan konsluting.

2. Cek Tekanan Kompresi standar atau tidak. Dan pastikan tidak ada kebocoran kompresi (jika ada kebocoran kompresi smH tidak dapat dihidupkan).

3. Cek sistem bahan bakar, jika bahan bakar tidak sampai ke ruang bakar, maka smH tidak dapat dihidupkan.

4. Cek tekanan bahan bakar, pastikan kondisi bahan bakar tidak terkontaminasi dengan cairan lain dan pastikan injektornya tidak terjadi penyumbatan.

5. Cek sistem PGM FI (smH tidak bisa dihidupkan jika  ECM juga tidak berfungsi).Untuk ini harus dilakukan reset ECM dan throttle position (TP) serta sensor-sensor PGM FI lainnya.Mengingat pemeriksaan dan pengecekan ini, diperlukan akurasi dan tools yang memadai. Saya sarankan untuk dilakukan di AHASS terdekat.

Salam,

Venus Adha

 

Dapatkan kesempatan meraih apparel menarik dengan mengirimkan pertanyaan mengenai sepeda motor ke otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject: SOLUSI OTOMOTIF

Nama:

Usia:

Lokasi:

Pertanyaan:

Nomor Telepon:

Alamat Lengkap:

Hanya pertanyaan terpilih yang akan mendapat hadiah menarik dan kami tayangkan. Pertanyaan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.

Artikel Selanjutnya
Honda Mulai Investigasi Brio Terbakar
Artikel Selanjutnya
Dari Segi Teknis, Motor Matik Lebih Unggul dari Bebek, Benarkah?