Sukses

Rahasia Sukses Majalah Playboy Ternyata Berasal dari Otomotif

Nama Majalah Playboy adalah diambil dari nama perusahaan mobil Playboy Automobilie Company.

Liputan6.com, Newyork - Pemimpin redaksi sekaligus pendiri majalan Playboy, Hugh Hefner telah tutup usia 91, pada Rabu (27/9/2017) waktu setempat. Meninggalnya pencetus majalah khusus pria dewasa ini ternyata memberikan banyak cerita. Salah satunya asal usul mengapa disebut majalah ‘Playboy’.

Ternyata pemberian nama Playboy sendiri tak lepas dari peran perusahaan otomotif asal Bufffalo, Newyork, Amerika Serikat, yaitu The Playboy Automobilie Company.

Perusahaan ini didirikan pada 1947, namun karena berbagai hal dan lainnya, perusahaan mobil Playboy terpaksa tak lagi menjual produknya di 1951. Demikian dilansir Motor1, Sabtu (30/9/2017).

Merek mobil Playboy memang tak terlalu mencuat, namun selama 1947 sampai 1951 setidaknya ada 97 mobil yang telah diproduksi. Salah satu mobil yang paling terkenal adalah Continental.

Mobil yang satu ini memiliki panjang hanya 4.000 mm dan jarak sumbu roda 2.300 mm, serta bobotnya hanya 860 kg.

Di eranya cukup menarik, bahkan bagian jantung pacunya disematkan mesin empat silinder yang mampu menyalurkan daya 40 Tenaga kuda, dan mampu dipacu dengan kecepatan 75 mil per jam atau sekitar 121 kilometer per jam.

Harga mobil ini kala itu hanya dibanderol US$ 985.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Awal Mula Nama Playboy

Selang dua tahun tutup, majalah Playboy resmi berdiri ada tahun 1953. Namun usut punya usut, pemberian nama Playboy ini diketahui berkat seorang mantan karyawan Playboy Automobile Company yang menyarankan kepada Hefner untuk memanggil majalah barunya dengan nama 'Playboy'.

Pemberian nama tersebut ikut menentukan bahwa majalah tersebut menetapkan, audiens majalahnya akan diperuntukan kaum lelaki. Termasuk kehadairan model-model wanita cantik dan seksi yang begitu menggoda kaum adam.

Keberadaan mobil-mobil disandingkan dengan para wanita diawal edisi majalah Playboy kerap dilakukan. Sebab disebutkan, ada beberapa media yang juga menyajikan berita-berita dengan isi konten wanita.

Karena itulah, Playboy kerap memberikan sebuah penghargaan Playmate of the Year.

Di tahun pertama, model cantik Lisa Winters pada tahun 1953 menjadi pemenang. Namun baru tahun 1964 perusahaan tersebut mulai memasukkan hadiah kendaraan beserta kehormatannya.

3 dari 3 halaman

Wanita-Wanita Cantik Playmate of the Year

Model pertama yang mendapatkan mobil adalah dalam Playmate of the Year adalah Donna Michelle sebuah pink muda 1964. Ford Mustang lengkap dengan 289 V8.

Sejak saat ini ada beberapa mobil lainnya yang diberikan seperti Lamborghini Countach Roadster untuk India Allen pada 1988, lalu Eagle Talon dan Julie Lynn Cialini di 1995.

Ada juga pemenang Playmate of the Year, Eugena Washington pada 2016 dia mendapatkan Fiat 124 Spider baru.

Beberapa mobil lainnya juga pernah masuk daftar lainnya termasuk Mazda 6 pada tahun 2009, Shelby Series 1 pada 1998, Volvo P1800 merah muda pada 1973, dan Plymouth Barracuda pada 1967.

Di samping Playmate of the Year, Hefner sendiri dikenal karena selera pilihan kendaraan yang mengesankan. The Playboy Mansion sering digambarkan dengan limusin Mercedes-Benz 600 Pullman 1969 di jalan masuk, biasanya di samping generasi pertama Maserati Ghibli, sebuah Mercedes-Benz 300 SL convertible atau keduanya.

Playmate of the Year, penghargaan tahunan majalah Car of the Year, yang melihat pemenang seperti Porsche 911 Carrera GTS pada 2015, dan Jaguar F-Type di 2014. Karena itu, Hefner, termasuk masuk dalam sejarah yang cukup berpengaruh di dunia otomotif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.