Sukses

Mobil Jadul Citroen, Cuma Ada 10 di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Merek mobil Prancis, Citroen memang kurang terdengar gaungnya di Indonesia. Hal ini lantaran brand legendaris yang telah berdiri sejak 98 tahun lalu tersebut kini tak ada agen resmi pemegang merek di Indonesia.

Namun demikian, ada beberapa pecinta mobil Citroen di Tanah Air, bahkan produk yang dimiliki tergolong unik dan langka, seperti halnya Citroen 2CV mesin 602 cc.

Ya, mobil yang sempat hadir di tahun 1948-1990 ini dimiliki seorang pria bernama Angky Angkasa. Pria yang sempat melakukan studi di Malaysia ini mendapatkan Citroen 2CV pada tahun 1994. Mobil ini pernah dimiliki 2-3 orang sebelumnya

“Saya dapat ini setelah 'diracun' teman di Malaysia, yang minta saya untuk cari mobil ini (Citroen 2CV),” ujar Angky saat ditemui di acara Saturday French Automobilie Meet-Up 2017 di Kemang, Jakarta, Sabtu (30/9/2017).

Menurut Angky, saat menemukan mobil tersebut kondisinya tak semulus saat ini. Beberapa bagian Citroen 2CV telah banyak menjadi korban kanibal spare part Jepang, dan sudut-sudutnya telah dilas mati.

Untuk melakukan restorasi Citroen 2CV sampai terlihat seperti wujud aslinya, ternyata tidaklah secepat membalikan telapak tangan. Sebab, Angky harus merubahnya hingga memakan waktu 10 tahun.

Akan tetapi, untuk merubah mobil tersebut menjadi asli, dirinya tak terlalu menghabiskan uang yang sangat mahal. Sebab, beberapa bagiannya ada yang diberikan oleh rekan-rekannya baik di dalam maupun luar negeri.

“Ya, ini kerja sabar saja. Ada yang dapat ada yang beli. Ada yang dikasih dari teman di Belanda. Tapi ada yang saya beli tapi harga teman, bukan penjualnya. Kalau lewat penjual itu bisa mahal. Bahkan kalau beli online juga bisa, tapi buat apa? Jadi sabar,” ungkap Angky.

Kendati begitu, Angky juga menyatakan, beberapa aksen yang sulit di dapat juga dibuat secara custome. Namun untuk membuat dirinya harus melihat langsung contoh mobil yang sebenernya di masanya.

Hal ini juga termasuk desain warna body yang mencaplok desain Citroen 2CV ala Inggris, dolly red/white.

Citroen 2CV menjadi istri kedua bagi Angky. Sebab, saat dia masih lajang, hingga akhirnya menemukan tambatan hati yang kini menjadi istri dan orangtua anak-anaknya. Mobil tersebutlah yang menemani Angky.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Spesifikasi Lengkap Citroen 2CV

Meski mobil jadul, Angky menuturkan mobil Citroen 2CV bisa dipacu hingga 115 km/jam. Namun dirinya tak pernah melakukan hal tersebut, karena saat disiksa hingga 80 km/jam kondisinya tak cukup memprihatinkan.

“Paling dengan kondisi seperti ini hanya dimiliki 10 orang. Pernah dibawa ke Bandung, Anyer dan paling sekitar Jabodetabek."

Angky menyatakan untuk merawat Citroen2CV tidaklah susah, selama tidak kekurangan oli mesin.

“Mobil ini mobil petani, makanya suspensinya empuk, jadi mudah kalau bawa barang termasuk telur. Tapi kalau bahan bakarnya sudah pakai Pertamax, masa mobil tua pakai yang biasa, kasihan,” tuturnya.

 

Citroen 2CV milik pria yang berkerja sebagai konsultan di sebuah perusahaan swatsa ini tidak pernah melakukan rombakan mesin.

Untuk spesifikasi lengkapnya berikut datanya:

-         Maker : Citroen

-         Production : 1948-1990

-         Colour : Dolly Red/White

-         Year Manufactured : 1966

-         Fuel: Petrol

-         Body Style : 5-Door hatchback

-         Engine : 602 cc, flat 2, air-cooled, Front Wheel Drive

-         Power: 29 Hp @5.750 rpm

-         Torque: 39 Nm @3500 rpm

-         Transmission : Manual

-         Speed : 4

-         Top Speed : 115 km/h

-         Tire Size: 125SR15

-         Front Brake : Disc

-         Rear Brakes : Trommels

-         Suspension : Independet

-         Shock : Coil Springs

Artikel Selanjutnya
Cerita Mencekam Kisah Kijang Jadul Menjelajahi 3 Negara
Artikel Selanjutnya
TAU, Perusahaan Jepang Spesialis Mobil Rusak