Sukses

Hebat, Mobil Listrik Honda Bisa Tenagai Listrik Rumah

Liputan6.com, Tokyo - Energi terbarukan menjadi salah satu solusi yang tengah dikembangkan oleh berbagai pemain di bidang teknologi, salah satunya adalah otomotif. Mobil yang ditenagai oleh energi listrik bukanlah hal asing, seperti Fuel Cell Vehicle (FCV), Electric Vehicle (EV), dan Plug-in Hybrid Vehicle (PHEV).

Semuanya memiliki satu persamaan, yaitu kemampuan untuk menyimpan energi dalam jumlah banyak. Dengan melihat potensi ini, Honda menemukan solusi untuk menggunakan energi yang tersimpan dalam mobil untuk kebutuhan lainnya.

Dengan menggunakan Honda Power Exporter 9000, energi yang tersimpan di dalam mobil dapat digunakan untuk menghidupkan berbagai peralatan rumah tangga (hingga 9kVA).

Misalnya dengan menggunakan mobil Honda Clarity Fuel Cell, Honda mengklaim Power Exporter 9000 dapat menghidupkan berbagai perangkat rumah tangga hingga tujuh hari. Power Exporter 9000 berfungsi untuk mengubah arus DC dari mobil menjadi arus AC.

Cara menggunakan Power Exporter 9000 terbilang cukup mudah. Setelah tersambung dengan mobil listrik, Power Exporter 9000 akan berkomunikasi dengan mobil. Setelah siap, Power Exporter 9000 akan "menyerap" energi dari mobil dan menghasilkan arus AC.

Tegangannya dapat dipilih, antara AC100V atau AC200V, sehingga banyak perangkat yang bisa ditenagai. Mulai dari pengisian smartphone hingga lampu dan pemanas.

 

1 dari 2 halaman

Powerbank Ekstra Besar

Selain Power Exporter 9000, Honda memiliki penyimpanan energi listrik yang dapat digunakan untuk keadaan darurat, yaitu LiB-AID E500.

Berbeda dengan Power Exporter 9000, LiB-AID E500 berfungsi sebagai sumber energi dengan memiliki baterai sendiri, seperti powerbank berukuran ekstra besar.

Daya yang dapat disalurkan mencapai 500W, dengan total durasi satu jam dengan rata-rata output daya sebesar 300W.

Tidak disebutkan apakah LiB-AID E500 dapat mengisi baterai mobil, tapi dilansir dari world.honda.com, energi tersebut dapat menenagai satu penanak nasi. Di masa mendatang, mungkin saja Honda akan membuat powerbank untuk mengisi baterai pada mobil listrik.

Artikel Selanjutnya
Dalam Kondisi Mesin Mati, Bisakah Mobil Korsleting dan Terbakar?
Artikel Selanjutnya
Top3: Turbocharger dan Risiko Kebakaran Mobil