Sukses

Mobil Pintar Mitsubishi Akan Mengajarkan Ilmu Berkendara

Liputan6.com, Jakarta Mitsubishi e-Evolution Concept akan memulai penampilan perdana di dunia pada ajang Tokyo Motor Show pada 25 Oktober mendatang. e-Evolution Concept akan mewakili semua keahlian Mitsubishi di bidang mobil listrik dan ketangguhan SUV penggerak empat roda, sekaligus visi Mitsubishi mengenai berkendara di masa depan.

Penyematan kecerdasan buatan diklaim akan mengkombinasi semua kelebihan untuk menghantarkan kenyamatan dan keselamatan berkendara dalam berbagai kondisi.

Tenaga berasal dari motor elektrik berperforma tinggi yang didukung oleh sistem baterai berkapasitas tinggi. Satu motor disematkan untuk menggerakkan kedua roda di depan, sedangkan sistem Dual Motor AYC (Active Yaw Control) dipasangkan pada motor listrik ganda melalui pengatur torque-vectoring Active Yaw Control unit.

Sistem kecerdasan buatan mampu membaca kondisi lalu lintas, sekaligus karakter pengemudi. Uniknya, mobil ini dilengkapi dengan fungsi untuk mengajarkan pengemudi. Fitur ini bekerja dengan menilai kemampuan berkendara sang pengemudi, setelah itu mobil akan memberikan berbagai pelatihan melalui suara dan layar infotainment.

Mitsubishi e-Evolution Concept menjadi salah satu dari 12 model Mitsubishi yang akan dipamerkan di Tokyo Motor Show. Selain memamerkan mobil, Mitsubishi akan memamerkan teknologi AI Personal Assistant dan Smart Speaker Demonstration.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Indonesia Jadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Mitsubishi?

Munculnya Mitsubishi Xpander dipercaya akan menjadi produk pertama yang dibuat di Indonesia dan siap ekspor pada awal 2018. Kawasan ASEAN seperti Filipina dan Thailand menjadi target awal suplai Mitsubishi Xpander.

Menurut Trevor Mann, Chief Operating Officer MMC, Indonesia menjadi key strategic market karena brand Mitsubishi sangat kuat. Selain itu, kata dia, Mitsubishi telah memasarkan produknya di Indonesia hampir 50 tahun, dengan reputasi sangat baik.

Namun hadirnya Mitsubishi Xpander dan beberapa mobil yang diproduksi di Indonesia, apakah membuat Mitsubishi menyiapkan Research & Development (R&D) seperti halnya Daihatsu?

“Untuk lokal R&D center, Mitsubishi Motors menyadari sangat penting. Karena itu penting tentang apa yang dibutuhkan untuk pasar lokal,” kata Presiden Direktur PT MMKSI Kyoya Kondo saat ditemui di pabrik Mitsubishi di kawasan industro GIIC, Deltamas, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (3/10/2017).

Trevor mengaku, telah melakukan pembicaraan dengan jajaran Kementerian Perindustrian. Pihaknya menyatakan bahwa Mitsubishi tidak hanya siap memasarkan di pasar domestik, tetapi akan mempelajari perkembangan R&D centre di Tanah Air.

“Indonesia juga akan menjadi jantung Mitsubishi di ASEAN, tapi sampai saat ini belum ada kongkret plan untuk mendirikan R&D. Tapi kami akan mempertimbangkan karena tidak hanya produksi untuk Indonesia tapi juga untuk ekspor,” ia menambahkan.

Kendati demikian, Trevor mengungkapkan tak hanya akan menjajakan Mitsubishi Xpander di Indonesia, tetapi masih ada produk lainnya.

Artikel Selanjutnya
Sayer, Setir Mobil Otonomos Masa Depan
Artikel Selanjutnya
Bosch Luncurkan Rem Secepat Kedipan Mata, Seperti Apa?