Sukses

Range Rover Latah Bermain Hybrid

Liputan6.com, Jakarta Rencana besar Jaguar Land Rover untuk menawarkan varian elektrik di tahun 2020 mendatang sudah mulai terlihat ancang-ancangnya dari sekarang. Langkah besar tersebut dimulai dengan menawarkan varian plug-in hybrid electric powertrain untuk Range Rover Sport.

Range Rover Sport terbaru ini menjadi mobil plug-in hybrid electric pertama. Varian hybrid tersebut diberi nama Range Rover Sport P400e. Model ini mengombinasikan mesin 2,0 liter 4-silinder Ingenium bertenaga 300 Tk dengan motor elektrik 85 kW. Kombinasi keduanya menghasilkan tenaga 404 Tk dan torsi puncak 640 Nm. Land Rover mengklaim performa akselerasi 0-100 km/jam membutuhkan waktu 6,7 detik dengan kecepatan puncak 220 km/jam.

Range Rover Sport P400e dilengkapi dengan dua mode berkendara, yaitu Parallel Hybrid mode dan EV (Electric Vehicle) mode. Parallel Hybrid mode mengombinasikan berkendara mesin dan motor elektrik. Mode ini dilengkapi dua fungsi pengisian, yaitu Save dan Predictive Energy Optimisation (PEO).

Fungsi Save akan mencegah tingkatan baterai di bawah tingkat yang sudah ditentukan, sedangkan PEO akan bekerja saat pengemudi memasukkan tujuan di sistem navigasi. Mobil akan mengoptimalkan penggunaan motor elektrik dan mesin bensin berdasarkan rute yang ditentukan.

EV (Electric Vehicle) mode memungkinkan pengemudi untuk bergerak menggunakan motor elektrik sepenuhnya. Pada mode ini, mesin bensin sama sekali tidak digunakan, sehingga mobil lebih senyap dan tidak mengeluarkan emisi.

Untuk mengisi baterai, Land Rover mengklaim waktu tercepat adalah 2 jam 45 menit dengan tempat pengisian khusus. Sedangkan untuk pengisian standar, membutuhkan waktu 7 jam 30 menit. Harga varian hybrid ini dibanderol mulai dari  £70.800 (setara Rp 1,2 miliar).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Jaguar E-Pace Pecahkan Rekor Barrel Roll Terjauh di Dunia

Pabrikan mobil memiliki strategi tersendiri untuk memperkenalkan produk terbarunya ke dunia. Salah satunya dengan mencetak rekor baru Guinness World Records dengan melakukan aksi barrel roll mobil terjauh di dunia menggunakan Jaguar E-Pace.

Dilansir Carscoops, Jumat (14/7/2017), adik dari F-Pace tersebut dikemudikan oleh Terry Grant, seorang stunt driver profesional. Bertempat di pameran ExCel, London, E-Pace melakukan barrel roll sejauh 15,3 meter dengan putaran 270 derajat.

E-Pace sendiri nantinya akan ditawarkan dengan beragam pilihan mesin. Seperti dua mesin bensin berkapasitas 2,0 liter yang sanggup memuntahkan tenaga 245 Tk dengan torsi puncak 365 Nm, dan 295 Tk dengan torsi puncak 400 Nm.

Untuk Diesel tersedia dengan 3 opsi, Diesel entry level menghasilkan tenaga 147 Tk dengan torsi 380 Nm, lalu opsi menengah 177 Tk dengan torsi 430 Nm, dan tertinggi bertenaga 236 Tk dengan torsi 500 Nm. Tenaga dari mesin akan disalurkan melalui transmisi otomatis 9-percepatan atau manual 6-percepatan. Konsumen juga dapat memilih sistem penggerak roda belakang atau all-wheel drive.

Dari segi keselamatan, E-Pace dilengkapi Adaptive Speed Limiter, Lane Keep Assist, Traffic Sign Recognition, dan sistem Emergency Braking dengan pelindung pejalan kaki. E-Pace juga akan dilengkapi Forward Traffic Detection yang memperingatkan pengemudi jika akan bersinggungan dengan kendaraan lain di perempatan. Di UK, E-Pace dibanderol mulai dari £ 28.500 atau setara Rp 492 juta.

Artikel Selanjutnya
Honda CR-V Hybrid Siap Mengaspal, Seberapa Canggih?
Artikel Selanjutnya
Tujuh Ferrari Terbaik dalam 7 Dekade