Sukses

Nyaris Terbelah Dua, VW Combi Masih Berfungsi Normal

Liputan6.com, Jakarta Mobil buatan Jerman memang terkenal dengan ketangguhan dan kaya akan fitur keselamatan. Bagaimana tidak? Lihat saja VW Combi yang satu ini. Mobil asal pabrikan Jerman tersebut nyaris terbelah dua setelah tertimpa pohon, meskipun demikian mobil tersebut masih dapat digunakan.

Tidak disebutkan di mana VW Combi ini tertimpa pohon. Namun melihat kondisinya yang cukup mengenaskan, tidak akan ada yang berpikir mobil tersebut sanggup dinyalakan atau bahkan berjalan.

Setelah melihat video di atas. VW Combi yang nyaris tidak berbentuk tersebut masih dapat dinyalakan secara normal, bahkan supirnya sedikit bermanuver hingga ban mengeluarkan suara decitan. Masyarakat yang melihat fenomena tersebut tertawa seakan-akan tidak percaya akan hal tersebut.

Meskipun terlihat mustahil, hal ini bisa terjadi karena layout pemasangan mesinnya. VW Combi memang mengadopsi mesin belakang dengan penggerak belakang. Sehingga komponen penggerak roda tidak akan terputus meskipun bagian tengah nyaris terbelah dua. Ceritanya akan lain lagi jika pohon tersebut menghantam bagian belakang mobil dan merusak konstruksi mesinnya.

Dengan kejadian ini, pemilik VW Combi boleh berbangga diri. Pasalnya, tidak banyak mobil yang dapat bertahan setelah nyaris terbelah dua oleh pohon. Di Indonesia sendiri, VW Combi dikenal karena kabinnya yang lapang dan juga mobilnya bandel. Mobil unik ini memiliki tempat tersendiri di hati para pencintanya.

1 dari 2 halaman

VW Hidupkan Kembali Kombi, Desainnya Menggoda

Volkswagen Group memiliki rencana besar untuk menguasai pasar mobil elektrik. Setidaknya VW akan memperkenalkan 30 mobil elektrik sebelum tahun 2025.

Salah satunya yang sudah diperkenalkan dalam bentuk concept adalah ID Buzz Concept. Dari segi desainnya, terlihat dengan jelas ID Buzz Concept terinspirasi dari VW 'Kombi' atau Type 2 Microbus dari tahun 1950an. Bentuknya cenderung boxypenggunaan warna two-tonedan ruang kabin yang terbilang lapang mengingatkan pada VW Kombi yang masih populer di Indonesia hingga sekarang.

Berita baiknya? ID Buzz Concept akan memasuki jalur produksi nantinya. Diberitakan AutoExpress, Selasa (20/6/2017), "Mobil emosional sangatlah penting untuk brand. Kami menjual banyak Beetles di pasar US. Dan kami juga memiliki Microbus (ID Buzz concept) yang kami pamerkan, dan kami akan membangun ini," ungkap Herbert Diess, Volkswagen Chief.

ID Buzz Concept mengadopsi dua motor elektrik yang dipasangkan pada setiap poros roda. Gabungan tenaga yang dihasilkan mencapai 369 Tk. Dengan baterai berkapasitas 111 kWh, jarak tempuh diklaim dapat mencapai 600 km. Dan pengisian dari 0 hingga 80 persen hanya membutuhkan waktu 30 menit.

Meskipun Volkswagen memastikan akan merakitnya secara massal, namun belum ada tanggal kepastian kapan hal tersebut terwujud. Yang pasti, sebelum tahun 2025 ID Buzz Concept sudah mengaspal di jalanan.

Artikel Selanjutnya
Jangan Panik, Lakukan Hal Ini Jika Alami Rem Blong
Artikel Selanjutnya
Tragis, Live Facebook Berujung Maut