Sukses

Vespa Kayu Asli Jepara Gemparkan Kustomfest 2017

Liputan6.com, Yogyakarta - Ada banyak motor kustom dengan tampilan unik bahkan nyeleneh di Kustomfest 2017 yang berlangsung 7-8 Oktober di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta. Salah satunya adalah Vespa kayu yang dipajang di booth Ruli Wood Custom.

Ruli Krisnawan adalah orang dibalik lahirnya Vespa kayu. (Septian/Liputan6.com)

Adalah Ruli Krisnawan yang berada dibalik skuter Italia berbadan kayu ini. Ia membuat bodi Vespa dari kayu Jati sebagai upaya menjaga tradisi dan menawarkan sesuatu yang berbeda.

"Saya kan orang asli Jepara, jadi ini (pahatan kayu) adalah warisan budaya nenek moyang saya yang harus dilestarikan," katanya di arena Kustomfest 2017 di JEC, Yogyakarta.

Bagian lampu Vespa Super 1973 ini juga dilapisi kayu. (Septian/Liputan6.com)

Dikatakan Ruli, bodi kayu pada Vespa Super lansiran 1973 ini hanyalah pelapis. Pasalnya kalau dijadikan bodi utama, bodi kayu tidak akan kuat dan rentan patah.

"Jadi ini di-cover saja, bodi tetap pakai plat. Kalau pakai bodi kayu gampang patah apalagi kalau kena lubang," ujarnya.

Kepala naga menghiasi bagian spion Vespa kayu. (Septian/Liputan6.com)

Disebutkan, butuh waktu 4 bulan untuk membuat bodi kayu dengan motif Majapahit ini. Dalam prosesnya, bodi Vespa kayu ini dibuat oleh tiga pemahat.

Menurut Ruli, hal tersulit dalam pengerjaan bodi kayu ini adalah bodi Vespa yang melengkung. "kesulitannya, karena posisi bodi melengkung, jadi harus ngepasin dulu. Kalau udah rata baru dilem," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Harga

Anda tertarik untuk membuat bodi kayu seperti ini? Siapkan mahar Rp 35 juta. "Itu hanya bodi kayunya saja, kalau sama Vespa-nya saya kasih Rp 45 juta," Ruli menambahkan.

Motif Majapahit menghiasi bodi Vespa kayu. (Septian/Liputan6.com)

Sekadar informasi, membuat bodi motor dari kayu bukanlah yang pertama bagi Ruli. Ia pernah membuat replika Harley-Davidson yang ia pajang di Kustomfest 2013. Dan sejauh ini ia sudah menjual tiga Vespa kayu.

Bahan yang digunakan merupakan kayu Jati. (Septian/Liputan6.com)

Ruli menyebut, dirinya akan membuat sesuatu yang lebih besar lagi dari saat ini. "Sekarang baru buat motor, nanti saya kepingin bikin hotrod, mungkin 2 tahun lagi," pungkasnya.