Sukses

Pilih Toyota 'Alphard Murah' atau MPV Mewah Lainnya?

Liputan6.com, Jakarta PT Toyota Astra Motor secara resmi meluncurkan pengganti dari Nav1, yaitu Voxy. MPV yang memiliki julukan 'Alphard Murah' ini memiliki wujud yang menyerupai Alphard maupun Vellfire, dengan dimensi yang lebih kompak dan harga yang relatif terjangkau, yaitu Rp 446.000.000 on the road Jakarta.

Meskipun disebut sebagai 'Alphard Murah', Toyota Voxy sudah memiliki beberapa rival yang bermain di kisaran harga tersebut. Seperti new Mazda Biante dan Nissan Serena. New Mazda Biante dibanderol Rp 449 juta on the road Jakarta. Nissan Serena ditawarkan dalam tiga varian, yaitu X, HWS, dan Autech. Liputan6.com akan memilih varian tertinggi Autech yang dibanderol Rp 469,4 juta.

Apa saja perbedaan dari ketiga MPV tersebut? Berikut ulasannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 5 halaman

Mesin dan Transmisi

Toyota Voxy mengadopsi mesin 3ZR-FAE berkapasitas 1.987 cc 4-silinder yang memuntahkan tenaga 150 Tk pada 6.100 rpm, torsi puncaknya adalah 193 Nm pada 3.800 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda melalui transmisi CVT.

Mazda Biante dipersenjatai mesin SKYACTIV-G berkapasitas 1.997 cc 4-silinder yang menghasilkan tenaga 149 Tk pada 6.000 rpm, torsi puncaknya mencapai 190 Nm pada 4.100 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis SKYACTIV-DRIVE 6-percepatan.

Nissan Serena Autech mengandalkan mesin MR20 berkapasitas 1.997 cc 4-silinder yang mengeluarkan tenaga 145 Tk pada 5.600 rpm, torsi puncaknya mencapai 206 Nm pada 4.400 rpm. Seperti Voxy, Serena menggunakan transmisi CVT.

Berdasarkan spesifikasinya, kapasitas mesin Voxy merupakan yang terkecil di kelasnya, meskipun berbeda 10 cc dibanding lawannya, tenaga yang dihasilkannya terbesar yaitu 150 Tk. Untuk masalah torsi, Serena unggul dibanding kompetitornya dengan angka 206 Nm.

 

2 dari 5 halaman

Dimensi

Voxy memiliki panjang 4.710 mm, lebar 1.735 , dan tinggi 1.835 mm. Ground clearance-nya adalah 165 mm. Biante memiliki panjang 4.715 mm, lebar 1.770 mm, dan tinggi 1.835 mm. Celah tanahnya adalah 150 mm. Serena memiliki panjang 4.770 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.865 mm. Ground clearance-nya adalah 160 mm.

Sekilas Serena memiliki dimensi terbesar, namun penting untuk diketahui karena perhitungan dimensi melibatkan sisi terluar dari sebuah mobil. Misalkan Serena varian terendah (X) memiliki panjang 4.685 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1865 mm. Perbedaan pada perhitungan dimensi dikarenakan penyematan body kit pada varian tertinggi.

Desain Eksterior

Ketiganya merupakan MPV dengan desain boxy yang mengadopsi pintu geser elektrik. Pintu geser elektrik ini memiliki kelebihan dibandingkan MPV yang menggunakan pintu biasa. Dengan penggunaan pintu ini, ruang parkir yang dibutuhkan untuk membuka pintu tidak perlu sebesar pintu konvensional, sekaligus mengurangi resiko pintu terbentur dengan mobil lain saat di parkiran.

Desain Voxy terbilang yang paling segar, karena baru diluncurkan pada GIIAS lalu. Wujudnya yang futuristik mengingatkan pada wajah kakaknya, yaitu Vellfire. Mazda Biante terlihat memiliki dimensi yang cukup bongsor, dipadu dengan garis-garis tajam yang futuristik. Sedangkan Nissan Serena terlihat sebagai MPV yang paling kalem dengan desain konvensional.

Ruang Kabin

Salah satu yang menjadi perhatian saat menentukan MPV adalah konfigurasi tempat duduk yang ditawarkan oleh kabin, terutama baris kedua dan ketiga. 

Toyota Voxy

Double Moon Roof

Toyota Voxy menawarkan konfigurasi jok captain seat untuk penumpang baris kedua. Konfigurasi ini memberikan kelebihan tersendiri karena memberikan ruang privasi bagi masing-masing penumpang. Fitur double moon roof memberikan nilai ekstra tersendiri, karena memberikan penerangan alami ke dalam kabin.

 

Mazda Biante

Mazda Biante mampu menampung penumpang hingga 8 orang. Penggunaan 3 headrest pada jok baris kedua dan baris ketiga menandakan kemampuannya untuk membawa penumpang hingga tiga orang untuk setiap barisnya.

Nissan Serena

Panoramic Roof

Serena memberikan kebebasan untuk mengatur posisi duduknya. Hal ini terlihat dari jalur untuk pengaturan sliding jok baris kedua. Seperti halnya pada Voxy, Serena mengadopsi panoramic roof yang memberikan penerangan alami ke dalam kabin.

 

3 dari 5 halaman

Fitur Keselamatan

Voxy dilengkapi dengan berbagai fitur yang memadai, sebut saja 7 SRS airbags, Emergency Brake Signal, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, dan Dynamic Rear Parking Camera. Sistem pengereman sudah disemati dengan anti-lock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), dan brake assist (BA) 

Biante dilengkapi dengan fitur driver & passenger airbags, Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TSC), dan sistem pengereman anti-lock braking dengan electronic-brake distribution (EBD).

Serena dilengkapi SRS airbags pada bagian Front Driver & Front passenger, Side Driver & Front passenger, dan curtain airbags untuk baris pertama, kedua, dan ketiga. Sistem anti-lock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), dan brake assist (BA) sudah ada dalam keempat sistem pengereman.

Ketiganya sudah mengadopsi sistem pengereman cakram pada roda depan maupun belakang.

Berbagai fitur yang keselamatan yang ditawarkan oleh Toyota Voxy terbilang lengkap. Meskipun pada leaflet tidak mencantumkan keberadaan ABS, EBD, dan BA. Namun, Liputan6.com sudah mengonfirmasikan keberadaan tiga fitur penting tersebut ke pihak Toyota. 

4 dari 5 halaman

Pilih Mana?

Kehadiran Toyota Voxy dengan harga yang cukup kompetitif di kelasnya memang tidak bisa diremehkan. Wajahnya yang terlihat seperti kakaknya yang akrab digunakan oleh kalangan pejabat maupun selebritis menjadi daya tarik bagi konsumen yang menginginkan style sama dengan harga yang lebih terjangkau. Beragam fitur yang menyemati juga terbilang memadai di kelasnya. 

Artikel Selanjutnya
Tiga Faktor Perusak Pasar Mobil Bekas, Apa Saja?
Artikel Selanjutnya
Bukan Toyota Avanza yang Paling Diburu di Bursa Mobil Bekas