Sukses

Kemampuan BMW Ini Selevel Mobil Dinas Presiden Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo saat ini menggunakan kendaraan dinasnya berupa mobil Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Mobil ini merupakan warisan presiden sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono yang diadakan pada 2007.

Berbicara soal mobil kepresidenan, ternyata tak hanya Mercedes-Benz saja yang memiliki mobil tangguh dengan keamanan tingkat tinggi seperti S600 Pullman Guard. Pasalnya, BMW juga memiliki produk dengan sistem keamanan tinggi disebut High Security Vehicle yang diterapkan pada BMW Seri 7.

Sebelum Mercedes Benz S600 Pullman Guard resmi digunakan sebagai mobil RI-1. Ternyata BMW juga sempat mengajukan proposal agar produknya dapat digunakan sebagai mobil kepresidenan.

Hal itupun diungkapkan langsung Vice President Corporate Communication BMW Group Indonesia Jodie O’tania, saat ditemui di Grand Hyatt, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (10/10/2017).

“Karena prosesnya ada di Kementerian Luar Negeri dan Setneg (Sekretariat Negara Republik Indonesia), kami sudah masukan proposal. Proses pitching pada periode tertentu, dan dari kami sudah memberikan penawaran,” ungkap kata Jodie.

Kendati demikian, keputusan untuk menentukan mobil presiden bukan di tangan BMW melainkan pemerintah Indonesia.

Sementara BMW sendiri, kata Jodie, hanya bisa menginformasikan dan memberikan penawaran dengan memberitahu fitur-fitur dan keunggulan apa saja yang dibenamkan pada kendaraan BMW edisi spesial itu.

“Produknya sudah ada, yaitu Seri-7, kita ada security vehicle dan security plus, dan sangat memenuhi tingkat keamanan yang dibutuhkan. Yang diberikan (untuk mobil presiden) sudah pasti model dan spek yang paling tinggi,” ungkap Jodie.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Spesifikasi Mobil Kepresidenan BMW 

Untuk menjadi mobil kepresidenan, ada beberapa syarat mutlak yang wajib dipenuhi pabrikan otomotif, khususnya soal keamanan. Selain itu mobil kepresiden harus bersih. Artinya tak mudah disadap.

Salah satu mobil BMW Seri 7 yang dapat digunakan sebagai mobil presiden adalah BMW 760Li High Security.

Mobil ini diklaim sangat kuat, bahkan bagian kacanya saja memiliki ketebalan hingga 6 cm. Sedangkan bagian bodi ini dilengkapi material baja dan telah tersertifikasi Bullet Resistant Vehicles (BRV 2009).

Untuk jantung pacu, mobil ini dibenamkan mesin V12 TwinPower Turbo Technology dan High Precision Injection yang mampu memuntahkan daya 544 Tk pada putaran mesin 5.250 rpm dengan torsi 750 Nm pada 1.500 rpm.

Dengan mesin tersebut mobil ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 6,2 detik. Sedangkan kecepatan maksimalnya bisa mencapai 210 km/jam.

Mobil ini cukup canggih karena dilengkapi fitur Dynamic Damping Control, di mana kinerja suspensi dapat menyesuaikan ketika mobil melalui jalan bergelombang atau tidak rata

Fitur canggih lainnya adalah Run-flat Tire. Dengan fitur ini maka roda mobil akan tetap melaju meski kekurangan angin. Selain itu, masih ada banyak lainnya fitur-fitur ungglan BMW.

Artikel Selanjutnya
Jokowi Terbitkan Perpres Penguatan Pendidikan Karakter
Artikel Selanjutnya
Pajak Sedan Bakal Turun, Begini Reaksi Bos Toyota