Sukses

Lawan Terorisme, GM Bikin Mobil Militer Pakai Platform Canggih

Liputan6.com, Detroit - Beberapa waktu lalu, General Motors (GM) memperkenalkan platform anyar untuk kendaraan hidrogen terbarunya, Silent Utility Rover Universal Superstructure (SURUS). Platform tersebut, ternyata cocok dengan berbagai konfigurasi kendaraan, termasuk mobil militer.

Mengutip Carbuzz, Kamis (12/10/2017), pabrikan asal Negeri Paman Sam ini bahkan sudah mempresentasikan platform barunya tersebut kepada Asosiasi Angkatan Darat Amerika Serikat pekan ini. Lalu, apakah GM bakal terjun di bisnis mobil militer?

Ya, GM bakal segera memproduksi kendaraan militer, dengan meluncurkan divisi baru yang disebut GM Defence LLC, dan bakal menjadi bagian dari pengembangan produk global GM.

Menurut salah satu pejabat GM yang dikutip Autonews, GM melihat ada peluang bisnis di sektor mobil militer, dan proyek ini bakal membantu pabrikan untuk bereaksi terhadap beragam kebutuhan konsumen kedirgantaraan, dan pertahanan global.

Untuk mengembangkan produk militer global ini dipimpin langsung oleh Mark Reuss, yang merupakan Wakil Presiden pengembangan produk global GM.

Selain platform SURUS yang masih dalam pengembangan, GM juga memiliki kendaraan militer ZH2 yang didasarkan Chevrolet Colarado. Saat ini, mobil tersebut sudah berada di pangkalan angkatan Darat AS.

Selain itu, angkatan laut AS juga akan segera mulai menguji kendaraan GM berbahan bakar hidrogen. Kemudian, platform SURUS juga kemungkinan bakal dikembangkan ke arah kendaraan non militer juga.

Namun sayang, GM masih menolak memberikan informasi lebih detail terkait rencana tersebut.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

GM Ambil Gen Hummer untuk Lumatkan Jeep Wrangler

Raksasa otomotif asal Amerika Serikat, General Motors, memiliki rencana menggeser dominasi Jeep Wrangler di segmen SUV. GM melalui salah satu mereknya yaitu GMC mempersiapkan SUV penjelajah dengan kemampuan tidak kalah dari Wrangler.

Dilansir Autonews, SUV ini bakal mengadopsi platform body on frame yang telah digunakan pada GMC Canyon ataupun pikap midsize Chevrolet Colorado.

Strategi ini bisa mendorong penjualan keseluruhan GM secara signifikan. Adanya SUV tangguh membuat orang tertarik berkunjung ke dealer GM. Adapun target potensial SUV ini adalah pelanggan Jeep itu sendiri.

"Jeep dalam jalur pertumbuhan, GMC jelas salah satu merek yang menyusul setelahnya. SUV berbasis body on frame adalah kandidat utama menantang produk Jeep," jelas Sam Fiorani, Wakil Presiden Perencanaan Kendaraan AutoForecast Solutions di Philadelphia.

Sementara itu menurut laporan Leftlanenews menyebut GM bakal kembali membangkitkan ruh Hummer yang terdapat pada konsep Hx. Konsep ini sempat unjuk gigi di ajang Detroit Motor Show 2008 silam.

Hummer HX mengusung mesin V6 berkapasitas 3,6 liter yang serupa dengan milik Wrangler. Konsep ini diperkirakan bakal meluncur paling cepat 2020.

Petinggi GM juga sempat mengadakan pertemuan dengan jaringan dealer tahun lalu untuk melihat minat dan mencari masukan terhadap Hx. Dealer menyambut positif rencana produksi Hx karena bisa diterima dengan baik. Konsep ini nantinya bisa menghidupkan kembali merek GMC.

Artikel Selanjutnya
Top3: Turbocharger dan Risiko Kebakaran Mobil
Artikel Selanjutnya
Ini Cara Baru Rusia Selamatkan Tank dari Serangan Rudal